Kemenag Bakal Gelar Sidang Isbat Penentuan 1 Ramadan 1442 H pada 12 April 2021

- 9 April 2021, 17:05 WIB
Ilustrasi Teleskop. Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar sidang Isbat penentuan Ramadan 1442 Hijriah secara daring dan luring pada 12 April 2021.
Ilustrasi Teleskop. Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar sidang Isbat penentuan Ramadan 1442 Hijriah secara daring dan luring pada 12 April 2021. /Pixabay/Free-Photos

GALAMEDIA - Mendekati tibanya Bulan Ramadan, Kementerian Agama (Kemenag) akan segera menggelar sidang isbat pada Senin, 12 April 2021 mendatang.

Sidang isbat digelar untuk menentukan penetepan 1 Ramadan yang menandakan bahwa hal itu telah memasuki bulan Ramadan serta bagi umat muslim diwajibkan untuk berpuasa selam satu bulan penuh.

Sidang isbat rencananya akan digelar pada Senin 12 April 2021 di Auditorium HM Rasjidji, Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

Baca Juga: Anda Pernah Cacar Air? Hati-hati Risiko Terkena Cacar Api di Masa Pandemi Ini

"Sidang Isbat awal Ramadhan dilaksanakan 12 April, bertepatan 29 Sya’ban 1442 H," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta dilansir Galamedia dari PMJ News pada Jumat, 9 April 2021.

Kamaruddin mengatakan, sidang Isbat dilakukan secara daring dan luring mengingat pandemi Covid-19 masih ada hingga saat ini.

Selain itu Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan turut hadir dalam sidang Isbat kali ini.

Kamaruddin juga menyebut, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II serta Tim Hisab dan Rukyat Kemenag akan turut serta pada sidang mendatang.

Baca Juga: Attack on Titan Tamat, Dokter Tirta: Ternyata Begini Kisah Cinta Eren dan Mikasa

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x