Dear Warga Jakarta, Waspadai Potensi Rob di Kawasan Pesisir pada 28-30 Mei

- 26 Mei 2021, 20:54 WIB
BMKG imbau masyarakat DKI Jakarta waspadai banjir rob akibat gerhana bulan total.
BMKG imbau masyarakat DKI Jakarta waspadai banjir rob akibat gerhana bulan total. /unsplash.com/Silas Baisch

GALAMEDIA - Warga DKI Jakarta diimbau untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya rob atau banjir akibat air pasang di pesisir Jakarta pada 28-30 Mei 2021.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Eko Prasetyo memastikan bahwa Jakarta masuk dalam 11 lokasi yang berpotensi terjadi rob.

"Ada 11 wilayah yang BMKG petakan berpotensi terjadi banjir rob yang hari dan jamnya tidak sama di antara wilayah-wilayah yang kami petakan tadi," ujar dia usai pemantauan gerhana bulan total perigi di Dermaga Hati, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Rabu, 26 Mei 2021.

Baca Juga: Wakil Ketua Umum Demokrat Tuding Jokowi dan Mahfud MD 'Biang Kerok' Kematian KPK

"Ada yang 26 hingga 27 Mei saja, ada yang justru mulai 28 Mei seperti Jakarta Utara dan Banten hingga 30 Mei," tambahnya.

Agus mengatakan potensi rob tersebut memang berkaitan dengan fenomena gerhana bulan total perigi yang berlangsung di Indonesia pada Rabu malam.

"Berbarengan dengan gerhana bulan total ini atau fenomena 'super blood moon' bahwasanya ada fenomena potensi banjir rob atau banjir pesisir terhadap wilayah Indonesia," jelas Agus dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan bahwa berdasarkan pemantauan BMKG sejak 24 Mei dan dipertajam pada 25 Mei, terdapat angin yang berhembus konsisten dengan kecepatan cukup tinggi hingga 46 kilometer (km) per jam di beberapa perairan Indonesia.

Baca Juga: Tertinggi dalam Setahun Terakhir, Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi Terus Meningkat

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X