Dua Wilayah Zona Merah, Perbatasan di Bandung Raya Jadi Sasaran Operasi Senyum Agar Masyarakat Terapkan Prokes

- 27 Juni 2021, 21:26 WIB
Satgas Penanganan Covid-19 Jabar saat melakukan operasi yustisi di kawasan Bandung Raya.
Satgas Penanganan Covid-19 Jabar saat melakukan operasi yustisi di kawasan Bandung Raya. /Dok Satpol PP Jabar/



GALAMEDIA - Wilayah perbatasan Kab/Kota di Bandung raya menjadi sasaran operasi yustisi yang dilakukan Satgas Penanganan COVID-19 Jabar.

Langkah ini dilakukan karena terjadinya peningkatan kasus Covid-19 hingga wilayah Bandung Raya statusnya siaga 1.

Tujuan operasi yustisi yang dilakukan TNI, Polri dan Satgas Kabupaten/Kota dan diberi nama "Operasi Senyum" ini untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yakni 5M (memakai masker – mencuci tangan pakai sabun – menjaga jarak – menghindari kerumunan – mengurangi mobilitas).

Area operasi tersebut mencakup Kota Bandung – Kabupaten Bandung – Bandung Barat – Kota Cimahi. Terlebih dua daerah masuk zona merah yakni Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.

Baca Juga: Ketua Satgas Covid-19 IDI Tantang Jerinx SID: Kalau Yakin Ada Konspirasi Buktikan Saja Seperti Joanna Overholt

Operasi tersebut sudah dimulai Jumat 25 Juni 2021 hingga Minggu 27 Juni 2021 di bawah koordinasi Divisi Komunikasi Publik Perubahan Perilaku dan Penegakan Aturan (KP4A).

Kepala Satpol PP Jabar M.A. Afriandi menuturkan, total sebanyak 190 personel gabungan akan bekerja di empat wilayah secara serentak. Sebanyak 70 personel di antaranya merupakan petugas gabungan tingkat Jabar, termasuk Brimob dan Denpom TNI.

"Kami juga sudah sosialisasi atau operasi Senyum di titik-titik rawan kerumunan, terutama di perbatasan wilayah. Namun kini operasi yustisi dilakukan dengan sanksi tegas mulai diterapkan," ujarnya.

Afriandi menyebutkan, titik operasi dilaksanakan antara lain di irisan wilayah kota dan kabupaten, seperti Melong, Cijerah, Marga Asih, Gempol, Lembang, dan Cimenyan.

Baca Juga: Cuitan Ahmad Dhani ke Ahok Berujung Bui, Komisaris BUMN ke Anies Berujung Minta Maaf, PD: Gak Punya Moral?

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x