Ferdinand Tuding HNW Sepaham dengan Taliban: Ketidaksetujuanmu Menunjukkan Kau Siapa

- 24 Agustus 2021, 09:29 WIB
Ferdinand Hutahaen.
Ferdinand Hutahaen. /twitter/

 

GALAMEDIA – Kemenangan kelompok Taliban atas Afghanistan masih menjadi sorotan dunia. Pasalnya, hingga saat ini kelompok Taliban masih dicap sebagai teroris di dunia, sehingga banyak pihak yang khawatir bagaimana nasib negara Afghanistan di bawah kendali mereka.

Di Indonesia sendiri terjadi pro dan kontra di kalangan tokoh ternama terkait kelompok Taliban. Ada yang mengecam keras tindakan yang dilakukan oleh kelompok Taliban, namun tidak sedikit pula yang mendukungnya.

Salah satu yang mendukung Taliban di Tanah Air adalah Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (HNW). Ia memiliki pandangan berbeda terkait kelompok Taliban yang kerap kali dinilai sebagai teroris oleh berbagai pihak.

Baca Juga: 6.000 Penyandang Disabilitas di Jabar Sudah Divaksin Covid, Pendampingan Dilakukan Selama Proses Penyuntikan

Dia mengaku tidak setuju dengan cap teroris, ISIS, maupun wahabi yang diberikan kepada Taliban. Hal itu dikatakan HNW dalam diskusi virtual bertajuk 'Masa Depan Afghanistan dan Peran Diplomasi Perdamaian Indonesia' yang diselenggarakan Center for Reform, Sabtu 21 Agustus 2021.

Salah satu politikus PKS ini menyampaikan bahwa dia tidak setuju apabila Taliban disebut tempatnya para teroris dan ISIS. Pasalnya, kalau benar Taliban itu merupakan tempat para teroris menurutnya mereka akan berteman dengan kelompok ISIS.

Akan tetapi fakta di lapangan, dikatakan HNW justru kelompok Taliban ini malah mengeksekusi pimpinan ISIS. “Kalau mau dibilang tempat teroris, ISIS, nyatanya Taliban malah mengeksekusi pimpinan ISIS yang sebelumnya ditangkap,” ujarnya dikutip Minggu, 22 Agustus 2021.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Selasa, 24 Agustus 2021, Sore hingga Malam Hari Berpotensi Hujan

Selain itu, HNW juga mengutarakan ketidaksetujuannya terkait Taliban yang kerap kali dituduh wahabi dan radikal. Sebab, menurutnya Taliban saat ini menganut mahzab Hanafi yang sama sekali tidak berkaitan dengan wahabi maupun radikal.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x