Cristiano Ronaldo Bisa Pakai 2 Nomor Punggung Berbeda di Manchester United

- 28 Agustus 2021, 18:03 WIB
Cristiano Ronaldo bisa memakai nomor punggung berbeda di MU./
Cristiano Ronaldo bisa memakai nomor punggung berbeda di MU./ //Reuters/Toby Melville/REUTERS/
GALAMEDIA - Usai meminta keluar dari Juventus, bintang sepak bola paling populer saat ini, Cristiano Ronaldo resmi berlabuh ke klub lamanya yaitu Manchester United.

Kepindahan Cristiano Ronaldo ke Manchester United ini, tentunya membuat heboh pecinta sepak bola di dunia, pasalnya bintang timnas Portugal itu sempat dikabarkan akan hijrah ke Manchester City.

Namun dalam hitungan itu jam saja semua itu berubah dan Cristiano Ronaldo memutuskan untuk kembali kepangkuan Manchester United.

Sebelumnya, Cristiano Ronaldo sempat membela Manchester United dalam kurung waktu kurang lebih enam tahun, sebelum akhirnya hijrah ke Real Madrid pada musim panas 2009/2010.

Pada periode pertama di Manchester United itu, Cristiano Ronaldo yang memakai nomor punggung 7 sukses menjadi pemain terbaik dunia untuk pertama kalinya pada tahun 2008.
 
Baca Juga: Amien Rais Nyatakan Perang Melawan Oligarki: Membuat Rakyat Didera Kemiskinan dan Martabat Terinjak-injak

Kesuksesan memakai nomor punggung legendaris itulah yang membuat kapten timnas Portugal itu akhirnya mendapat julukan CR7.

Akan tetapi, musim ini Cristiano Ronaldo belum tentu bisa memakai nomor punggung 7 di Manchester United, mengingat nomor legendaris tersebut saat ini dimiliki oleh striker asal Uruguay yaitu Edinson Cavani.

Jurnalis ESPN Dale Johnson mengatakan dalam aturan Liga Inggris disebutkan bahwa pemain yang sudah didaftarkan tidak boleh berganti nomor selama satu musim penuh.

"Aturan Liga Premier M5 dengan jelas menyatakan bahwa Edinson Cavani harus mempertahankan nomor punggung 7 sepanjang musim," ujarnya, dikutip Galamedia dari Twitter @DaleJohnsonESPN, Sabtu 28 Agustus 2021.
 
Dale Johnson juga menyebutkan apabila Cristiano Ronaldo masih ingin memakai nomor punggung 7, maka Manchester United harus melepas terlebih dahulu Edinson Cavani atau atau dispensasi khusus dari operator Liga Inggris.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa kabar mengenai Edinson Cavani yang bisa memberikan nomor punggung 7 kepada Cristiano Ronaldo karena belum bermain satu menit pun adalah sebuah kebohongan.

"Jika Cristiano Ronaldo menginginkan nomor punggung 7, Cavani harus pergi. Atau United harus mendapatkan dispensasi khusus dari dewan PL, yang belum pernah diberikan sebelumnya," ungkapnya.

"Cerita bahwa Cavani bisa bertukar nomor karena dia belum bermain musim ini tidak benar," sambungnya.

Menurutnya, saat ini Manchester United sudah mendaftarkan nomor punggung 7 dengan nama Edinson Cavani, sehingga menutup kemungkinan bisa dipakai oleh Cristiano Ronaldo.

Lalu nomor berapakah yang akan dipakai Cristiano Ronaldo di Manchester United musim ini?

Jika diteliti lebih lanjut eks pemain Real Madrid itu bisa saja memakai dua nomor punggung yang berbeda di Manchester United.

Di Liga Inggris, Cristiano Ronaldo diprediksi banyak pihak akan memilih nomor punggung 28, sama seperti ketika ia mengawali karirnya dahulu di Sporting Lisbon.

Kendati tak bisa memakai nomor punggung 7 di Liga Inggris, Cristiano Ronaldo pada kenyataannya masih bisa menggunakan nomor keramat itu di ajang Liga Champions.

Pasalnya sampai saat ini klub-klub yang bermain di Liga Champions belum melakukan pendaftaran untuk para pemainnya.
 
Pemakaian nomor punggung berbeda dalam dua kompetisi yang berbeda memang tak ada larangannya.
 
Hal itu bisa terlihat saat beberapa pemain sepak bola dunia pernah memakai dua nomor punggung berbeda pada dua ajang kompetisi.
 
Diantara para pemain yang pernah menggunakan dua nomor punggung berbeda itu antara lain Emmanuel Adebayor dan Henrikh Mkhitaryan.
 
 
Pada musim 2010/2011 Adebayor yang saat itu bermain untuk Real Madrid, memakai nomor punggung 24 untuk bermain di La Liga, sementara di Liga Champions ia memilih nomor punggung 6.
 
Hal yang sama juga pernah dilakukan oleh Mkhitaryan yang pada musim 2018/2019 masih bermain untuk Arsenal.
 
Saat itu Mkhitaryan menggunakan nomor punggung 7 saat bermain di Liga Inggris dan nomor 77 di Liga Europa.
 
Dengan dua ketentuan berbeda itu, bukan tak mungkin hal yang sama juga bisa dilakukan Cristiano Ronaldo di Liga Champions, yang mana ia bisa memakai nomor punggung favoritnya yaitu nomor 7.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x