Pelangi Tunjung dari Jawa Timur Terbaik di Lomba Bertutur SD-MI Nasional 2021

- 9 September 2021, 18:38 WIB
peserta dari provinsi Jawa Timur, Pelangi Tunjung K, meraih yang terbaik.
peserta dari provinsi Jawa Timur, Pelangi Tunjung K, meraih yang terbaik. /Tangkapan layar/

GALAMEDIA - Lomba Bertutur SD-MI Tingkat Nasional 2021 sudah memasuki babak akhir. Selama tiga hari, 34 peserta mewakili provinsi sudah menunjukkan kebolehannya beraksi di hadapan para juri.

Hasilnya, peserta dari provinsi Jawa Timur, Pelangi Tunjung K, meraih yang terbaik.

Kelima Dewan Juri yang terdiri dari Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional RI Nelwaty, pedongeng Kunduri dan Awam Prakoso, pegiat literasi Nandha Julistya, dan psikolog Griselda Jane sepakat memberikan angka tertinggi 4.220, atas penampilan Pelangi.

Raihan runner-up diberikan kepada Binar Mutiara Yahya dari daerah DI Yogyakarta. Sedangkan peringkat tiga terbaik direngkuh Najma Hanania Yazid asal provinsi Banten.

Kisah "Pak Mendong dan Mbok Mendong" mengisahkan tentang keluarga miskin. Suatu hari Pak Mendong dan Mbok Mendong bermimpi. Dalam mimpinya mereka diminta untuk menggelar kenduri. Karena tidak memiliki kekayaan, Pak Mendong dan Mbok Mendong terpaksa menggadaikan anak semata wayangnya, Sumi, kepada orang kaya di kampung. Dari situ mereka membeli beras, lembut dan sebagainya untuk keperluan kenduri.

Baca Juga: Tagar #MNETDisrespectAdzan Bergema, Buntut MNET Remix Suara Azan, Warganet Super Geram

Setelah kenduri selesai, mereka kaget karena mendapati kuali yang mereka pakai sehari-hari berkilau penuh dengan emas dan perak.

Karena kebaikan dan keikhlasan yang dilakukan Pak Mendong dan Mbok Mendong, Tuhan memberikan kekayaan yang tidak terduga.

Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpustakaan Nasional RI, Deni Kurniadi mengatakan kemampuan bertutur adalah hasil literasi pada tahap pemahaman dan pemaknaan apa yang tersurat dan yang tersirat yang diperoleh dari kegiatan membaca.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x