Tekankan Pentingnya G20, Sri Mulyani Lakukan Pertemuan dengan Menteri Keuangan AS Janet Yellen

- 14 Oktober 2021, 09:44 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani /Syaiful Amri/Kemenkeu/Agus

GALAMEDIA - Di sela-sela pertemuan G20 yang digelar Kamis, 14 Oktober 2021, Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan pertemuan bilateral dengan Menkeu AS, Treasury Secretary Janet Yellen di Washington DC.

Sec Yellen sendiri Menkeu perempuan pertama dalam 245 tahun sejarah Amerika Serikat.

Sri Mulyani menyoroti pentingnya G20 di mana Indonesia akan memimpin di G20 2022. Ia meminta dukungan pendanaan kesehatan untuk mencegah pandemi ke depan di negara-negara berkembang seperti Indonesia.

Baca Juga: Terkuak! Rachel Vennya Bukan Penerima Fasilitas Wisma Atlet Hingga Diduga Kabur Dibantu Oknum TNI

Dukungan lainnya menyangkut kemampuan deteksi dini dan riset kesehatan global, kapasitas sistem kesehatan di setiap negara, tata kelola serta protokol dan pengaturan kelembagaan termasuk perkuatan peran WHO, lembaga multilateral, dan G20.

Menkeu juga membahas kesepakatan historis global mengenai perpajakan, termasuk penerapan minimum taxation. Upaya mencegah erosi basis pajak, penghindaran pajak dan kompetisi tarif pajak “race to the bottom”.

Bahasan lainnya menyangkut kerangka sustainable finance dan pendanaan agenda climate change, terutama pelaksanaan komitmen negara maju untuk Paris Agreement.

Baca Juga: Ini Arti Asmaul Husna: Al Wahhab, Ar Rozzaq, Al Fattah, Ya Allah Mudahkan dan Lancarkan dalam Menjemput Rezeki

Utamanya dalam pendanaan bagi negara-negara berkembang khususnya Indonesia  untuk menjalankan agenda climate change.

Selain itu hubungan bilateral Indonesia dan Amerika tetap menjadi fokus penting baik dari segi kerja sama perdagangan, tnvestasi, teknologi maupun aspek strategis lainnya.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x