Tanpa Bendera Merah Putih Saat Indonesia Juara Thomas Cup, Ini Dia Penyebabnya

- 18 Oktober 2021, 05:30 WIB
Prosesi pengalungan medali Tim Thomas Indonesia yang tanpa pengibaran bendera Merah Putih.
Prosesi pengalungan medali Tim Thomas Indonesia yang tanpa pengibaran bendera Merah Putih. /Tangkap layar Instagram.com/badminton.ina

GALAMEDIA - Indonesia berhasil menjadi juara Thomas Cup 2020 usai mengalahkan China, 3-0, Minggu 17 Oktober 2021.

Namun kegembiraan Indonesia sedikit tercoreng akibat bendera Merah Putih tak bisa dikibarkan saatlagu Indonesia Raya dikumandangkan.

Lalu apa penyebabnya?

Hal itu buntut sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA) yang menilai Indonesia tidak patuh dalam menerapkan program pengujian yang efektif.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 18 Oktober 2021: Irvan Tahu Soal Keberadaan Rendy, Al Terus Ungkap Kasus Peneror

Seperti diketahui, buntut dari ketidakpatuhan Indonesia tersebut, membuat WADA tidak memberikan hak tuan rumah terhadap Indonesia pada ajang olahraga apa pun.

"Mereka tidak memenuhi syarat untuk diberikan hak untuk menjadi tuan rumah kejuaraan regional, kontinental atau dunia selama penangguhan," demikian pernyataan WADA, yang dikutip Galamedia dari Reuters, Minggu 17 Oktober 2021.

WADA juga memberikan sanksi lainnya yaitu melarang bendera Merah Putih untuk dikibarkan pada ajang olahraga apa pun.

Tak hanya itu, lagu Indonesia Raya juga dilarang diputar ketika atlet-atlet Indonesia berhasil menjadi juara atau naik podium.

Baca Juga: Prabowo Subianto Ulang Tahun ke-70, Musni Umar: Semoga Tidak Lupa dengan Rakyat  

Hal itu kini terjadi pada tim Thomas Indonesia yang dipastikan naik podium di ajang Thomas Cup 2020 dan tidak diperkenankan mengibarkan bendera Merah Putih.

Sebagai gantinya, tim Thomas Indonesia akan mengibarkan bendera Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), saat naik podium nanti.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x