Pemkot Cimahi Gelar Vaksinasi Massal Setiap Hari di Seluruh Puskesmas

- 11 November 2021, 05:32 WIB
Vaksinasi di Kota Cimahi
Vaksinasi di Kota Cimahi /Kiki Kurnia/galamedia/


GALAMEDIA - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi terus menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal di semua Puskesmas dan rumah sakit termasuk Unit Dokkes Polres Cimahi.

Seperti di Puskesmas Citeureup Jalan Encep Kartawirya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dilakukan setiap hari untuk dosis satu dan dua dengan jenis vaksin Sinovac dan Astrazeneka.

Pelayanan vaksinasi dilakukan mulai pukul 07.00 WIB sampai 11.00 WIB, serta tidak dipungut biaya.

"Kegiatan vaksinasi hingga saat ini masih berlangsung dalam menciptakan kekebalan kelompok," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Pratiwi, Rabu, 10 November 2021.

Baca Juga: Kebakaran Rumah Makan Asep Stroberry di Jalan Raya Kadungora Diduga Akibat Kebocoran Tabung Gas

Menurut Pratiwi, capaian vaksinasi di kota Cimahi saat ini sudah mencapai 85,9 persen dari target sasaran.

"Saya berharap kepada masyarakat untuk divaksin segera, hubungi Puskesmas terdekat. Nggak usah yang jauh-jauh, karena sekarang semua Puskesmas melaksanakan vaksinasi, dan gratis," ungkapnya.

Menyinggung kondisi sebaran Çovid-19 di kota Cimahi saat ini, Pratiwi menjelaskan, untuk kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kota Cimahi tercatat ada 19 orang.

"Empat pasien diantaranya dirawat di rumah sakit, dan 15 lainnya masih menjalani isolasi mandiri," ucapnya.

Baca Juga: Pemkot Cirebon Laksanakan Tes Usap Massal Di 30 Sekolah

Walaupun kasus Covid-19 di Cimahi terus menurun, Pratiwi  berharap tidak ada lagi peningkatan kasus Covid-19 .

"Saya mengharapkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat dimanapun berada. Jangan lalai menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak dan menjauhi kerumuman," pungkasnya.

Vaksinasi Covid-19 untuk kalangan lanjut usia (lansia) juga terus didorong oleh Dinkes Kota Cimahi.

Terlebih lagi saat ini cakupan vaksinasi menjadi salah satu indikator dalam penilaian level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di suatu wilayah.

Baca Juga: Menkes: Vaksinasi Anak Dimulai di Tahun 2022 dan Butuh 58,7 Juta Dosis

"Iya kita terus lakukan vaksinasi, termasuk unyuk kelompok lansia. Semua PKM (Pusat Kesehatan Masyarakat) menerima vaksin untuk lansia," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Cimahi, Dwihadi Isnalini

Menurutnya, vaksinasi bagi kelompok lansia sangat penting, karena kelompok tersebut memiliki tingkat kematian akibat Covid-19 cukup tinggi.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x