Belanda Sukses Kantongi Tiket Putaran Final Piala Dunia 2022 Usai Pecundangi Norwegia

- 17 November 2021, 07:31 WIB
Timnas Belanda sukses memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Norwegia 2-0 pada matchday terakhir kualifikasi (16 November 2021).
Timnas Belanda sukses memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Norwegia 2-0 pada matchday terakhir kualifikasi (16 November 2021). /Twitter/@EURO2024

GALAMEDIA -  Belanda lolos putaran final Piala Dunia 2022 Qatar usai menang, 2-0 dari Norwegia pada lanjutan Grup G kualifikasi zona Eropa, Rabu 16 November 2021.

Menjamu Norwegia di Stadion De Kuip, Rotterdam, meski tampil cukup dominan sejak sepak mula, Belanda harus menunggu hingga menit ke-84 untuk membuka keunggulan.

Berawal dari umpan Arnaut Danjuma, Bergwijn mendapatkan ruang yang cukup terbuka lebar untuk melepaskan tembakan penyelesaian yang tak memberi kesempatan kiper Orjan Nyland bereaksi.

Norwegia berusaha mencetak gol balasan saat memperoleh tendangan sepak pojok dan nyaris semua pemain mereka berada di area pertahanan Belanda untuk hal tersebut.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 17 November 2021: Makin Panas! Fajar Sengaja Dekati Nana Sampai Dewa Marah

Strategi itu malah jadi senjata makan tuan, sebab bola sepak pojok bisa diantisipasi oleh kapten Belanda Virgil van Dijk yang kemudian digiring Bergwijn nyaris sepanjang lapangan.

Kemudian ia meneruskannya jadi umpan tarik matang yang tinggal diselesaikan sederhana oleh Depay pada menit pertama injury time.

Dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Stadion Kota Podgorica, Turki mampu mengatasi perlawanan tuan rumah Montenegro dan menang 2-1 untuk mendapatkan tiket fase playoff.

Montenegro tampak akan melanjutkan kejutan mereka, setelah menahan imbang Belanda 2-2 di pertandingan sebelumnya, saat memimpin lebih dulu hanya empat menit selepas sepak mula lewat gol Fatos Beciraj.

Baca Juga: Persib vs Persija, Wander Luiz Ingin Cetak Gol: Ini Saatnya Pembalasan

Namun, Turki jauh lebih sigap mengatasi ancaman kejutan itu.

Turki mencetak gol balasan lewat Kerem Akturkoglu pada menit ke-22 sebelum membalikkan keadaan sepenuhnya melalui aksi Orkun Kokcu pada menit ke-60. Skor 2-1 sukses dipertahankan Turki hingga bubaran.

Hasil-hasil itu membuat Belanda keluar sebagai juara Grup G dengan raihan 23 poin, diikuti Turki yang finis di posisi kedua dengan 21 poin.

Sementara Belanda memesan satu tempat di Qatar, Turki akan terlebih dulu mengikuti fase playoff zona Eropa untuk memperebutkan tiga tiket tersisa pada Maret tahun depan.*** 

Editor: Brilliant Awal

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x