Balapan Motor Bergengsi Siap Digelar di Sirkuit Mandalika, Ini Beda MotoGP dan WSBK

- 18 November 2021, 09:31 WIB
Lintasan Sirkuit Mandalika, Lombok.
Lintasan Sirkuit Mandalika, Lombok. /Instagram @motogp.mandalika/

GALAMEDIA - Masih banyak masyarakat yang belum tahu perbedaan MotoGP dan WSBK alias World Superbike. Dua ajang bergengsi ini akan digelar di Indonesia tepatnya di Sirkuit Mandalika.

WSBK akan menjadi ajang pertama di Sirkuit Mandalika. Balapan berlangsung pada 19-21 November akhir pekan ini. Sedangkan MotoGP Indonesia baru akan digelar pada Maret 2022.

Kedua balapan ini merupakan ajang balap roda dua paling bergengsi di dunia. Hanya saja, terdapat sejumlah perbedaan mendasar.

Baca Juga: Ini Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Cepat dan Alami Ala dr. Zaidul Akbar

Melansir dari berbagai sumber, secara umum motor MotoGP menggunakan mesin balap prototipe yang dibuat khusus. Sedangkan mesin WSBK adalah motor produksi massal yang telah dirombak khusus untuk balapan.

Aturan MotoGP cukup sederhana. Desain mesin motor bebas selama tidak melebihi 1.000 cc  dengan lebar piston maksimal 81 mm dan memiliki maksimum empat silinder.

Sejak 2012, mesin dua langkah (2-tak) dilarang digunkan dan sebagian besar tim saat ini menggunakan mesin dengan desain V4.

Baca Juga: Andi Rif Ditunjuk Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Pada Balapan WSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika

Sedangkan pada WSBK, mesin 2-tak dilarang tapi konfigurasi mesinnya boleh tiga dan empat silinder dengan kapasitas 1.000 cc.

Baik pada MotoGP maupun WorldSBK memiliki angka bobot minimum yang harus dipenuhi. MotoGP memiliki bobot 157 kg sedangkan WorldSBK alias WSBK sedikit lebih berat, yaitu seberat 168 kg.

MotoGP dan WSBK mematuhi berbagai peraturan teknis yang ditetapkan oleh Dorna selaku pemegang hak komersial kedua kejuaraan, dan FIM induk roda dua dunia.

Peraturan ini dirancang untuk menjaga persaingan seadil mungkin di setiap kelas.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca, 3 Wilayah Jakarta Akan Diguyur Hujan Deras Siang Hingga Sore Ini

Pembatasan MotoGP lebih sedikit ketimbang WSBK. Pabrikan bisa lebih fleksibel merancang konstruksi mesin dan desain sasis yang diinginkan.

Motor MotoGP juga menggunakan material yang ringan seperti serat karbon, titanium, dan paduan magnesium.

Adapun WSBK, semua motor harus mempertahankan konstruksi dan desain sasis produksi aslinya, dan penggunaan material yang ringan dibatasi.

Baca Juga: Rincian Harga Emas Antam dan UBS di Pegadaian Hari Ini 18 November 2021, Semua Turun

Tahun 2016, semua motor MotoGP dilengkapi ECU standar dan paket perangkat lunak untuk menjaga persaingan tetap adil. Pada WSBK pilihan ECU dan software lebih terbuka paling hanya dibatasi anggaran.

Anggaran tim MotoGP lebih besar daripada WSBK. Di MotoGP tim dapat membelanjakan sebanyak yang mereka suka untuk motor, pengujian, peralatan, staf, dan lainnya.

Berbeda dengan tim yang berlaga di WSBK, di mana pengeluaran tim untuk motor, pembalap serta pengembangan semuanya terbatas.

Baca Juga: Minta Masyarakat Tidak Perlu Ragu Vaksinasi, Sahrul Gunawan Nilai Semua Vaksin Aman

Beberapa motor yang digunakan pembalap MotoGP di antaranya Yamaha YZR-M1, Honda RC213V, GP Ducati Desmosedici, Suzuki GSX-RR.

Sedangkan WorldSBK sering kali menggunakan motor produksi massal atau komersial, yang diberi beberapa sentuhan pada bagian mesinnya agar menghasilkan kinerja lebih baik.

Beberapa motor balap WorldSBK sendiri terdiri dari Kawasaki ZX-10RR, Yamaha R1, Honda CBR1000RR, BMW S1000RR, Ducati Panigale V4 R.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x