Pemdes Harus Instens Sosialisasikan Penanganan Covid-19 dan Antisipasi Gelombang Ketiga Saat Nataru

- 11 Desember 2021, 12:07 WIB
ILustrasi, Pemdes Harus Instens Sosialisasikan Penanganan Covid-19 dan Antisipasi Gelombang Ketiga Saat Nataru
ILustrasi, Pemdes Harus Instens Sosialisasikan Penanganan Covid-19 dan Antisipasi Gelombang Ketiga Saat Nataru /Pixabay.com/ Dieterich01

GALAMEDIA - Liburan natal dan akhir tahun atau Nataru sangat berpotensi menimbulkan gelombang ketiga pandemi Covid-19 di Indonesia. Kondisi pandemi di tingkat global serta ketidak disiplinan, dan mobilitas masyarakat merupakan faktor pemicu kembali meningkatnya kasus Covid-19 di tanah air.

Terkait hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dengan Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersinergi bersama mitra strategis Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengadakan Pelatihan dan Penguatan Komunikasi Kesiapsiagaan Menghadapi Nataru Pemerintahan Desa dan Sosialisasi Kompetisi Video Pemdes Lawan Covid-19.

Baca Juga: Tidak Ingin Ada Siswa Terpapar Covid-19 Usai Libur Nataru, Masa Liburan Sekolah di Cimahi Tetap Diundur

Pelatihan yang diselenggarakan pada 8 Desember 2021 lalu ini juga diadakan sebagai sosialisasi kebijakan terkini mengenai penanganan Covid-19 di Indonesia di kalangan pemangku kepentingan dan unsur Pemdes.

Selain itu melihat potensi unsur Pemdes yang mampu menyampaikan komunikasi mitigasi risiko, maka gerakan unsur Pemdes sangat dibutuhkan keaktifannya di masa pandemi, mengingat perangkat Pemdes yang tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia.

Agenda pelatihan juga bertujuan untuk membekali Pemdes dengan strategi komunikasi untuk bisa menyampaikan ke masyarakat luas bagaimana menyikapi perkembangan isu penanganan Covid-19 dan pentingnya vaksinasi untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga.

Baca Juga: Pembatasan Kunjungan Wisata dan Penerapan Prokes Penting untuk Antisipasi Penyebaran Covid-19 Varian Baru

Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Pemerintah Untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito menyampaikan pentingnya penguatan protokol kesehatan (prokes) dan mobilitas untuk mencegah lonjakan kasus menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Keterlibatan unsur Pemdes dalam berkomunikasi dan menyebarkan informasi kepada masyarakat, sebagai salah satu langkah pencegahan yang berarti," ungkap Prof. Wiku.

Ia menjelaskan mengenai pentingnya 3T (Tracing, Testing, Treatment) + 3M (Menggunakan masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan) + Vaksinasi, sebagai pencegahan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 supaya tidak terjadi gelombang 3 di Indonesia.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x