Proyek Prestisius Jepang, Buat Satelit Berbahan Kayu yang Ramah Lingkungan

- 2 Januari 2022, 21:14 WIB
Ilustrasi Satelit
Ilustrasi Satelit /pixabay.com/Stevebidmead

GALAJABAR - Sebuah rencana besar  sedang  dikerjakan  Jepang untuk meluncurkan satelit terbuat dari kayu pertama di dunia pada tahun 2023.

Tim pengembangan negara Sakura itu bertujuan untuk memanfaatkan keramahan lingkungan dan biaya kayu yang rendah dalam pengembangan ruang angkasa.

Menurut tim yang terdiri dari Universitas Kyoto dan Sumitomo Forestry C,  satelit yang bagian luarnya terbuat dari kayu akan terbakar saat memasuki kembali atmosfer bumi setelah akhir operasi sehingga mengurangi beban lingkungan.

Baca Juga: Video TikTok Downloader, Ini Cara Download Video TikTok Tanpa Watermark dengan Mudah

Selain itu, pembuatannya akan lebih murah daripada menggunakan aluminium, bahan utama saat ini untuk satelit.

Oleh karena gelombang elektromagnetik dapat menembus kayu, satelit dapat berisi antena di dalamnya.

Satelit yang direncanakan tersebut, seperti dikutip dari Antara,  akan berbentuk kubus dengan sisi 10 sentimeter. Bagian luarnya akan dilapisi kayu dan sel surya, serta di dalamnya akan ada substrat elektronik.

Baca Juga: Ada 1000 Diamond Gratis, Klaim Kode Reedeem FF Terbaru 3 Januari 2022 Resmi Garena Free Fire!

Universitas yang dikelola negara di Jepang barat dan perusahaan produk kayu yang berbasis di Tokyo akan menguji ketahanan kayu di luar angkasa, mungkin mulai Februari, menggunakan peralatan eksperimental ekstravehicular dari Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Tim yang dipimpin oleh astronot Japan Aerospace Exploration Agency Takao Doi, berencana untuk memasang lapisan kayu dengan kekerasan yang bervariasi, yang diambil dari beberapa jenis pohon.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x