Bagaimana Cara Mengatasi Perubahan Iklim? Simak Solusinya!

- 29 April 2024, 08:46 WIB
Ilustrasi: Waktu ke waktu perubahan yang terjadi semakin terasa dan seolah tidak ada perubahan signifikan yang dirasakan/ freepik.com
Ilustrasi: Waktu ke waktu perubahan yang terjadi semakin terasa dan seolah tidak ada perubahan signifikan yang dirasakan/ freepik.com /

GALAMEDIANEWS – Perubahan iklim merupakan agenda yang krusial dan suatu hal yang tidak bisa dibiarkan. Karena untuk bisa mengatasinya akan membutuhkan kesadaran bersama seluruh penduduk bumi ini.

Waktu ke waktu perubahan yang terjadi semakin terasa dan seolah tidak ada perubahan signifikan yang dirasakan, maka dari itu terdapat berbagai solusi untuk mengatasi perubahan iklim yang terjadi diantaranya:

  1. Perjanjian Paris

Pemerintahan Biden telah berkomitmen terhadap prinsip-prinsip yang ditetapkan dalam Konferensi Perubahan Iklim Paris tahun 2015, di mana hampir setiap negara di dunia berkomitmen pada tindakan yang bertujuan untuk beralih dari bahan bakar fosil yang kotor ke pilihan energi yang lebih bersih dan cerdas untuk membatasi kenaikan suhu global. abad ini hingga 2 derajat Celcius atau 1,5 derajat Celcius, jika memungkinkan.

Baca Juga: Soroti Perubahan Iklim, Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin: 2 per 3 Lebih Alam di Sulsel Sudah Menurun Daya Dukung

  1. Perkembangan teknologi energi bersih

Setiap tahun selalu ada berita tentang terobosan menarik dalam produksi dan distribusi sumber energi terbarukan seperti angin dan surya, yang kini semakin murah untuk dihasilkan dan semakin populer di kalangan konsumen, dunia usaha, utilitas, dan pemerintah. Pada saat yang sama, produsen mobil di seluruh dunia berupaya mengembangkan teknologi baterai baru yang akan menggantikan ratusan juta mobil bertenaga gas dengan kendaraan tanpa emisi.

  1. Aksi iklim di dalam negeri

Mengatasi perubahan iklim global adalah tugas yang sangat besar dan bergantung pada konsensus internasional serta upaya masyarakat, perusahaan, dan individu.

Untuk mencapai tujuan tersebut, banyak negara bagian, mulai dari California hingga Iowa, memperjuangkan industri energi ramah lingkungan, seperti tenaga surya dan angin; Kota-kota di AS mengambil tindakan untuk memitigasi perubahan iklim dan meningkatkan ketahanan iklim sambil mengedepankan keadilan; dan perusahaan-perusahaan termasuk beberapa perusahaan multinasional terbesar di dunia berjanji untuk mengubah cara mereka berbisnis untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2040.

Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan, kita sebagai penduduk bumi ini dapat juga berpartisipasi dengan bergabung, memperkuat, atau mendukung gerakan iklim pemuda internasional yang muncul dalam beberapa tahun terakhir sebagai respon terhadap kelambanan pemerintahan ataupun dalam aksi unjuk rasa dan pawai di seluruh dunia, dimana hal ini dapat mempertegas kepada para pemimpin bahwa penundaan aksi iklim tidak lagi dapat ditoleransi.***

 

Editor: Feby Syarifah

Sumber: NRDC


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x