Lahan Pertanian Terbatas, Dispangtan Kota Cimahi Kembangkan Media Tanam Hidroponik

- 18 Januari 2022, 19:43 WIB
Dispangtan Kota Cimahi mengembangkan media tanam dengan metode hidroponik.
Dispangtan Kota Cimahi mengembangkan media tanam dengan metode hidroponik. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/
GALAMEDIA - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi  mengembangkan media tanam dengan metode hidroponik.
 
Beralihnya metode pola tanam, dikarenakan luas lahan pertanian di Kota Cimahi yang sangat terbatas dan terus berkurang.
 
Kepala Bidang (Kabid) Pertanian Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari mengatakan, pihaknya terus mendorong masyarakat untuk menggunakan metode hidroponik sebagai media tanam.
 
 
"Belum banyak warga yang memanfaatkan penanaman dengan metode hidroponik ini. Untuk itu kami terus mendorongnya," ujar Mita, Selasa  18 Januari 2022.
 
Mita mengatakan, media tanam dengan metode hidroponik itu terus disosialisasikan juga kepada para petani, melalui berbagai kelompok atau komunitas tani. Salah satunya Kelompok Wanita Tani (KWT) yang sudah coba menerapkan metode ini.
 
"Ada KWT yang nanam hidroponik, tapi baru tanam kangkung atau pakcoy," katanya.
 
 
Dijelaskannya, media tanam hidroponik merupakan kegiatan bercocok tanam yang dilakukan tanpa tanah, melainkan air yang mengandung nutrisi-nutrisi yang baik untuk pertumbuhan tanaman.
 
Peralatan yang digunakan pun cukup sederhana, yakni bisa menggunakan sterofoam dan pasir.
 
Dijelaskan Mita, selain dianggap mudah dan simpel, budidaya tanam hidroponik juga memiliki beberapa keuntungan dibandingkan menggunakan media tanah. Di antaranya masa tanam yang lebih pendek, yakni 25-30 hari.
 
 
"Kalau pakai tanah kan bisa sampai 35 hari. Ini lebih mudah, bisa pakai barang bekas. Paralon, botol air bekas asal sirkulasi airnya mengalir," jelas Mita.
 
Selain efisien secara waktu, lanjut Mita, produk buah dan sayuran yang dihasilkan dari sistem hidroponik juga akan tumbuh lebih subur, sehingga kualitas nutrisi yang terkandung jadi lebih terjaga.
 
"Sistem hidroponik juga menghasilkan panen dengan ukuran hingga 75 persen lebih besar dibanding produk yang ditanam secara konvensional," beber Mita.
 
 
Kemudian, lanjut Mita, media tanam hidroponik juga lebih aman dan bersih karena tidak menggunakan zat pestisida. "Jadi lebih bersih. Ini organik nggak pake pestisida tapi pakai nutrisi. Tinggal rutin dikasih vitamin aja," tuturnya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x