PDIP Protes Ucapan Ustadz Khalid Basalamah yang Haramkan Wayang, Ono Surono: Tidak Pancasilais!

- 14 Februari 2022, 15:43 WIB
Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono./Rio Ryzki Batee/Galamedia
Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono./Rio Ryzki Batee/Galamedia /

GALAMEDIA - PDIP Jabar protes dengan ucapan Ustadz Khalid Basalamah yang haramkan wayang dan harus dimusnahkan.

Ketua DPD PDIP Jabar, Ono Surono menilai bangsa dan budayanya merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan.

Ono berpendapat suatu bangsa akan dapat bertahan dari persaingan di era globalisasi saat ini dan mampu mengikuti perkembangan dunia, jika tidak melepaskan identitas budaya dan jati diri sebagai sebuah bangsa.

"Saat ini kita sudah diinvasi budaya bangsa lain sehingga menjadi ironis jika kita justru mendegradasi seni tradisi nusantara yang sangat beragam dan kaya," ungkapnya di Kota Bandung, Senin, 14 Februari 2022.

Dikatakannya, beberapa hari ini ruang diskursus pelaku-pelaku kebudayaan khususnya pelestari wayang, merasa terganggu dengan sikap Ustdaz Khalid Basalamah yang menyatakan wayang haram dan patut dimusnahkan.

Baca Juga: Profil dan Nama Lengkap Ustadz Khalid Basalamah yang Haramkan Wayang, Aktif Terjun di Bisnis Kayu dan Emas

Menurut Ono, itu adalah sikap dan tindakan yang sangat tidak Pancasilais dan tidak tahu sejarah serta tidak mengerti Indonesia.

"Hal tersebut membuktikan ada upaya sistematis yang sedang dan pernah dilakukan beberapa oknum-oknum untuk mengaburkan jejak peradaban atau perjalanan kebudayaan nusantara," terang Anggota Komisi IV DPR RI tersebut.

Ono mengatakan sebagaimana diketahui wayang berperan besar dalam membentuk masyarakat di nusantara dan khususnya di Jawa Barat. Upaya penghilangan tersebut, adalah tindakan yang tidak patut dan tidak cerdas.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x