Delegasi Rusia Siap Melakukan Pembicaraan di Belarusia, Tetapi Presiden Ukraina Meminta Tempat Lain

- 27 Februari 2022, 17:26 WIB
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov.
Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov. /

GALAMEDIA - Semakin memanas, konflik antara Rusia dan Ukraina yang disebut sebagai World War 3.

Hari ini, Minggu, 27 Februari 2022 pertempuran jalanan pecah di kota terbesar kedua di Ukraina pada dan pasukan Rusia meningkatkan tekanan pada pelabuhan-pelabuhan strategis di selatan negara itu menyusul gelombang serangan terhadap lapangan terbang dan fasilitas bahan bakar di tempat lain yang tampaknya menandai fase baru perang invasi Rusia.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov hari Minggu ini ia mengatakan bahwa delegasi Rusia telah tiba di kota Homel Belarusia untuk melakukan pembicaraan dengan para pejabat Ukraina. Ia mengatakan bahwa delegasi itu termasuk pejabat militer dan diplomat.

"Delegasi Rusia siap untuk melakukan pembicaraan, dan kami sekarang menunggu pihak Ukraina," kata Peskov seperti dikutip Galamedia dari AP News.

Namun, Presiden Ukraina menyarankan lokasi lain, mengatakan negaranya tidak mau bertemu di Belarus karena berfungsi sebagai tempat pementasan untuk invasi.

Baca Juga: Berjuang hingga Titik Darah Penghabisan, Seorang Tentara Ukraina Rela Ledakkan Diri Demi Cegah Serangan Rusia

Sampai hari Minggu, pasukan Rusia tetap berada di pinggiran Kharkiv, sebuah kota berpenduduk 1,4 juta sekitar 20 kilometer (12,4 mil) selatan perbatasan dengan Rusia, sementara pasukan lain meluncur melewati untuk menekan serangan lebih dalam ke Ukraina.

Dalam video yang diunggah di media Ukraina dan jejaring sosial menunjukkan kendaraan Rusia bergerak melintasi Kharkiv dan pasukan Rusia berkeliaran di kota dalam kelompok-kelompok kecil.

Satu video menunjukkan tentara Ukraina memeriksa kendaraan utilitas ringan Rusia yang rusak akibat penembakan dan ditinggalkan oleh pasukan Rusia Presiden Ukraina menyarankan lokasi lain, mengatakan negaranya tidak mau bertemu di Belarusia karena negara tersebut merupakan tempat pementasan untuk invasi.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah