Gunung Merapi Kembali Aktif, Sejumlah Kawasan Alami Hujan Abu Vulkanik

- 10 Maret 2022, 05:58 WIB
Gunung Merapi Kembali Aktif, Sejumlah Kawasan Alami Hujan Abu Vulkanik
Gunung Merapi Kembali Aktif, Sejumlah Kawasan Alami Hujan Abu Vulkanik /tangkap layar Twitter @frekom_diy/

GALAMEDIA - Sejumlah daerah yang berdekatan dengan Gunung Merapi mengalami hujan abu cukup deras, Kamis 10 Maret 2022 dini hari tadi.

Salah satunya di Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Hal itu membuat sejumlah warga lebih waspada jika terjadi hal yang lebih buruk.

Sebelumnya, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan Gunung Merapi di perbatasan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah mengalami 149 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Selasa 8 Maret 2022 pukul 00.00-24.00 WIB.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyebutkan, selain gempa guguran, pada periode pengamatan itu juga tercatat satu kali gempa frekuensi rendah, satu kali gempa tektonik dan satu kali gempa hembusan.

Baca Juga: Hattrick Benzema Bikin PSG Merana dan Kirim Madrid ke Perempat Final Liga Champions

Berdasarkan pengamatan visual, tampak asap berwarna putih keluar dari Gunung Merapi dengan intensitas sedang hingga tebal dengan ketinggian sekitar 150 meter di atas puncak.

Pada periode pengamatan itu, tercatat tujuh kali guguran lava pijar keluar dari gunung itu dengan jarak luncur maksimum 1.800 meter ke arah barat daya.

Deformasi atau perubahan bentuk tubuh Merapi yang dipantau BPPTKG menggunakan electronic distance measurement (EDM) menunjukkan laju pemendekan jarak rata-rata 0,6 cm dalam tiga hari.

Baca Juga: Murka atas Sikap Amerika Soal Perang Yaman, Pangeran Saudi Mohammed bin Salman Tolak Turunkan Harga Minyak

Halaman:

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x