5 Tips Aman Minum Kopi untuk Penderita GERD

- 25 Mei 2022, 14:49 WIB
5 Tips Aman Minum Kopi untuk Penderita GERD//pexels.com/ Feyza Daştan
5 Tips Aman Minum Kopi untuk Penderita GERD//pexels.com/ Feyza Daştan /

GALAMEDIA - Kopi memang tak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi coffee lovers yang sudah menjadikan kopi sebagai sahabat tak terpisahkan. Baik menemani ketika sendiri atau menjadi pelengkap tawa ketika bersama sahabat atau kolega.

Kafein yang mengalir ke dalam tubuh akan diserap oleh darah hingga kemudian sampai ke otak.

Adanya kafein akan meningkatkan norepinephrine dan dopamine sehingga otak akan mampu bekerja lebih maksimal. Selain itu kopi juga bisa meningkatkan fungsi kognitif otak, misalnya seperti mempertajam emosi, mengasah otak, dan meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga: Spesifikasi Infinix Hot 10s, HP Sejutaan Baterai Besar 6000 mAh

Kandungan kafein di dalam kopi memang dapat meningkatkan asam lambung. Namun, bukan berarti penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) tak memiliki kesempatan untuk bisa menikmati kopi.

GERD lebih dikenal sebagai penyakit asam lambung. Pada penderita GERD, asam lambung bisa kembali naik hingga ke kerongkongan dan memunculkan gejala seperti dada terasa panas atau heartburn.

“Karena pH asam lambung itu sekitar 1-2, sedangkan kerongkongan kita bisa mentoleransi sekitar pH 4-5,” jelas akademisi dan praktisi kesehatan Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam Sp.PD-KGEH dalam siaran IG Live melalui akun Instagram @dokterari, beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Spesifikasi Asus ROG Phone 5s vs Asus ROG Phone 5s PRO, Baterai 6000 mAh Harga Mulai Rp 9 Jutaan

Bagi beberapa orang yang memiliki masalah dengan kondisi asam lambung, minum kopi adalah salah satu aktivitas yang umumnya dihindari.

Meski sudah mengetahui kafein yang terkandung di dalam kopi dapat memicu munculnya asam lambung, pada beberapa kasus beberapa orang tidak bisa meninggalkan kebiasaan minum kopi.

Lantas, adakah kopi yang aman untuk lambung? Dengan cara yang tepat penderita asam lambung atau GERD tetap bisa menikmati kopi tanpa khawatir perut sakit dan melilit.

Baca Juga: Konvoi Pembalap Formula E Batal karena Alasan Aturan Teknis

Berikut ini tips aman bagi penderita lambung agar dapat menikmati kopi dengan aman, simak terus ya gengs!

1. Pilih kopi rendah kafein

Sudah menjadi rahasia umum apabila kandungan kafein dalam kopi arabika lebih rendah jika dibandingkan dengan kopi Robusta.

Selain itu kadar acidity arabica juga lima puluh persen lebih rendah dari Robusta. Oleh sebab itu kopi arabika adalah pilihan yang tepat bagi penderita maag agar perut tetap nyaman.

Jika ingin dicampur susu, lebih baik pilih yang rendah lemak. Susu tinggi lemak malah akan dapat menimbulkan gejala lambung.

Baca Juga: Kapan Pengumuman Hasil UTBK SBMPTN 2022? Cek di Sini Jadwalnya

2. Seduh secara manual

Bagi coffee lovers tentunya tidaklah asing dengan manual brew. Kopi yang diseduh secara manual menggunakan filter penyaring kopi.

Adanya filter ini menyeleksi karakter-karakter baik dalam kopi, tidak hanya akan membuat karakter asli kopi keluar, namun juga membuat kopi menjadi lebih ringan karena proses ekstraksi.

 Bagi penderita asam lambung, metode seduh manual ini bisa menjadi jalan keluar yang tepat saat kamu  ingin menikmati kopi.

Baca Juga: 3 Efek Sinar Biru Layar HP, Nomor 3 Ngeri Banget

3. Minum dari olahan kopi segar

Para ahli kopi rata-rata memberikan saran untuk membeli kopi dari olahan biji kopi asli.

Kopi yang segar biasanya tidak ada campuran lain yang masuk ke dalam bubuk kopi sehingga yang diseduh dan dinikmati adalah kopi original tanpa campuran bubuk lainnya.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x