PERINGATAN BAGI PEROKOK! Limbah Puntung Rokok Sulit Terurai di Alam, Peneliti:Butuh Waktu 30 Tahun

- 27 Mei 2022, 19:39 WIB
Ilustrasi puntung rokok
Ilustrasi puntung rokok /Pixabay/ Alexas_Fotos

GALAMEDIA - Peneliti Eka Chlara Budiarti dari Ecological Oberservation and Wetlands Conservation (ECOTON) mengungkapkan, limbah puntung rokok sulit terdegradasi secara alami dan ketika bocor ke lingkungan dapat menghasilkan mikroplastik yang berpotensi masuk ke tubuh manusia.

Merujuk pada penelitian di Spanyol pada 2021, dia menjelaskan bahwa satu filter rokok dapat menghasilkan 15.600 helai fiber.

"Limbah rokok yang mencemari lingkungan itu tidak dapat didaur ulang dan bahkan sulit terdegradasi di alam. Mungkin 30 tahun terurai menjadi (partikel) kecil tapi ternyata tidak bisa dilihat kasat mata," kata Chlara dalam diskusi tentang dampak lingkungan industri tembakau, diikuti virtual dari Jakarta, Jumat 27 Mei 2022.

Baca Juga: Edelweiss Hostipal Akan Segera Hadir di Cianjur

Dengan sebagian besar limbah rokok tidak tertangani dan bocor ke lingkungan dapat menyebabkan satu puntung rokok melepaskan 100 partikel mikrofiber per hari.

Selain dari puntungnya, elemen degradasi mikroplastik dapat dihasilkan dari bagian lain produk rokok termasuk kertas rokok dan plastik kemasan yang bisa mencemari lingkungan.

Tidak hanya lewat lingkungan yang tercemar, mikroplastik juga dapat masuk ke dalam tubuh manusia secara langsung.

Baca Juga: Rangkul Negara-negara Kawasan Pasifik, China Bangun Pangkalan Militer di Kepulauan Solomon?

Dalam kasus rokok, mikroplastik yang berasal dari rokok dapat masuk ke tubuh manusia lewat saluran pernapasan dan mengendap di alveolus paru-paru.

Mikroplastik dari rokok juga bisa masuk lewat saluran pencernaan yang berawal dari kerongkongan.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x