RESMI, Rusia Putus Pasokan Gas ke Belanda, Denmark, dan Jerman

- 1 Juni 2022, 09:02 WIB
RESMI, Rusia Putus Pasokan Gas ke Belanda, Denmark, dan Jerman
RESMI, Rusia Putus Pasokan Gas ke Belanda, Denmark, dan Jerman /

GALAMEDIA - Rusia memperluas penangguhan pasokan gasnya ke Eropa dengan Gazprom. Setelah Belanda, Rusia kini menghentikan pasokannya ke Denmark dan Jerman.

Langkah raksasa gas Rusia itu adalah pembalasan terbaru terhadap sanksi Barat yang dijatuhkan pada Moskow setelah invasi 24 Februari ke Ukraina.

Gazprom mengatakan pada Selasa (31/5/2022) bahwa pihaknya telah sepenuhnya memutuskan pasokan gas ke pedagang gas Belanda, GasTerra.

Kemudian dikatakan juga akan berhenti pada 1 Juni aliran gas ke Orsted Denmark dan Shell Energy untuk kontrak pasokan gas ke Jerman.

Baca Juga: Jadwal dan Harga Tiket Nonton Doraemon the Movie: NOBITA'S LITTLE STAR WARS 2021 di CGV Bandung 1 Juni 2002

Alasannya, keduanya gagal melakukan pembayaran dalam rubel.

Pengumuman tersebut menyusul kesepakatan Senin (30/5/2022) oleh para pemimpin Uni Eropa untuk memotong impor Uni Eropa dari minyak Rusia sebesar 90 persen pada akhir tahun, yang merupakan tanggapan terberat blok itu terhadap invasi.

GasTerra, yang membeli dan memperdagangkan gas atas nama pemerintah Belanda, mengatakan telah mengontrak di tempat lain untuk 2 miliar meter kubik (bcm) gas yang diperkirakan akan diterima dari Gazprom hingga Oktober.

"Ini belum dilihat sebagai ancaman terhadap pasokan," kata juru bicara Kementerian Perekonomian Pieter ten Bruggencate.

Halaman:

Editor: Brilliant Awal

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x