Sistem Pembelajaran Blended Learning Dukung Anak Bahagia Sesuai Minat dan Bakat

- 9 Juni 2022, 19:28 WIB
Sistem Pembelajaran Blended Learning Dukung Anak Bahagia
Sistem Pembelajaran Blended Learning Dukung Anak Bahagia /

GALAMEDIA - Bahagianya anak dalam belajar adalah kunci untuk tumbuh kembang anak yang optimal di masa depannya. Oleh karena itu, metode dan cara belajar-mengajar menjadi sangat penting untuk memastikan kebahagiaan anak dalam belajar dan berkembang sesuai minat bakatnya.

Salah satu pendekatannya menggunakan sistem pembelajaran (pedagogi), yang dimana mereka memastikan anak didik paham terhadap konteks pembelajaran yang diberikan melalui metode blended learning.

"Metode dan cara belajar blended learning memastikan kebahagiaan anak dalam belajar dan berkembang sesuai dengan minat dan bakatnya," ungkap Kepala Sekolah Murid Merdeka (SMM), Laksmi Mayesti dalam keterangan tertulis, Kamis, 9 Juni 2022.

Menurutnya kebahagiaan anak merupakan kunci untuk tumbuh kembang anak yang optimal. Lebih jauh, untuk memberikan kebahagiaan dalam belajar, SMM sendiri menawarkan pembelajaran yang konseptual, dan kontekstual, serta fleksibilitas, yang membuat cara belajar mengajarnya menjadi berbeda dari sekolah lain.

Baca Juga: Dear M Kapan Tayang dan Dimana? Simak Tanggal Tayang dan Tempat Penayangannya

Laksmi menjelaskan, murid-muridnya diberikan keleluasaan dalam belajar atau fleksibilitas tanpa mengurangi bobot dari pelajaran sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, mereka tidak hanya belajar di dalam kelas, namun juga ada field trip, kunjungan, virtual tour, serta diskusi.

"Faktor inilah yang dapat membuat anak paham maksud dari tujuan pembelajaran, dan membuat mereka mendapatkan kebahagiaan dalam belajar. Penilaian kelulusan diberatkan oleh praktik. Porsi teori hanya 10 persen saja," terangnya.

Dikatakannya pembelajaran juga terpersonalisasi. Selain diberikan pelajaran wajib, anak juga memiliki kebebasan untuk mengambil pelajaran sesuai minat bakat serta materi dari mana saja, tidak harus dari sekolah. Tugas yang dikerjakan juga disesuaikan dengan kemampuan dan kesukaan anak.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah