Sirkulasi Siklonik Sebabkan Sejumlah Wilayah Berpotensi Diguyur Hujan Hari Ini

- 15 Juli 2022, 08:40 WIB
Ilustrasi hujan.
Ilustrasi hujan. /Pixabay/Kammy27

GALAMEDIA - Adanya sirkulasi siklonik yang membentuk daerah konvergensi dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan membuat sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi diguyur hujan, Jumat 15 Juli 2022.

Sirkulasi siklonik terpantau di wilayah Sumatera Utara, Filipina bagian selatan, dan Papua Barat.

Menurut prakiraan BMKG, sirkulasi Siklonik ini mendorong pembentukan daerah konvergensi yang memanjang di sejumlah wilayah dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan.

Baca Juga: Harga Emas Pegadaian Hari Ini 15 Juli 2022 Antam Naik UBS Turun Mulai dari Rp 502.000 Saja

Seperti di sebagian besar wilayah Sumatera, diprakirakan mengalami hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan wilayah Bandar Lampung diprakirakan hujan dengan intensitas lebat dan Pekanbaru, Padang, dan Tanjung Pinang diprakirakan kondisi cuaca akan cerah hingga berawan.

BMKG juga seperti dilansirkan Antara, memprakirakan wilayah Jakarta dan Semarang terjadi hujan dengan intensitas ringan dan hujan dengan intensitas sedang diprakirakan di wilayah Serang, Bandung, dan Yogyakarta.

Kondisi cuaca di Surabaya pada hari ini diprakirakan berawan, wilayah Pontianak dan Tanjung Selor diprakirakan berpotensi hujan dengan intensitas ringan. Untuk Palangkaraya diprakirakan berawan.

Baca Juga: Surat Yasin Ayat 1 Sampai 83 Lengkap, Banyak Keutamaan yang Didapat Bagi yang Membacanya

BMKG meminta masyarakat di wilayah Samarinda dan Banjarmasin untuk mewaspadai hujan disertai petir.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x