Pemkab Sumedang Gelontorkan Rp6,3 Miliar untuk Perbaikan Jalan Hariang-Cisumur

- 15 Juli 2022, 19:19 WIB
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir meninjau lokasi ruas Jalan Hariang-Cusumur//Humas Setda Sumedang.
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir meninjau lokasi ruas Jalan Hariang-Cusumur//Humas Setda Sumedang. /

GALAMEDIA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang menggelontorkan anggaran sebesar Rp 6,3 miliar untuk perbaikan Ruas Jalan Hariang-Cisumur.

Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir mengatakan, Ruas Jalan Hariang-Cisumur merupakan ruas jalan kabupaten yang melingkupi beberapa desa. Yaitu mulai dari Desa Hariang, Wanajaya, Wanasari dan Pamekarsari. Ruas jalan sepanjang 4 kilometer itu, kondisinya mengalami kerusakan sekitar 80 persen.

"Insyaallah dalam minggu ini akan segera dibangun Ruas Jalan Hariang-Cisumur dengan anggaran Rp 6 miliar lebih. Jalan ini dipersembahkan untuk warga Surian yang selama ini telah menyampaikan aspirasinya (tentang jalan rusak)," kata Dony, Jumat 15 Juli 2022.

Baca Juga: Disbudpar Jabar Siap Berikan Kado Spesial 100 Tahun Observatorium Bosscha

Bupati pun meminta agar jalan yang telah dibangun dapat dipelihara dan dijaga agar tahan lama dengan cara menjaga drainasenya secara gotong royong sehingga air hujan tidak mengalir ke jalan.

"Jalan sudah bagus. Tolong jaga dan pelihara supaya tahan lama untuk kelancaran kita bersama. Karena kalau jalan mantap, ekonomi akan lancar. Jadi akan mempermudah arus orang dan barang dalam mencapai tujuannya," kata ujarnya.

Pada kesempatan terpisah, Sekretaris Dinas PUPR Sumedang, Sonny Nurgahara menyatakan, pihaknya sudah menyusun program perbaikan jalan serta memasukkan usulan perbaikan jalan dalam skala prioritas di APBD.

Baca Juga: 30 Snack Teka Teki Jelang MPLS 2022, Ada Chiki Pembohong, Chikil Mal Jakarta hingga Biskuit Nabi

"Kalau melihat, kerusakannya hampir 80 persen. Sesuai janji, beberapa titik ruas jalan akan dibangun dan sudah berkontrak dengan sumber anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK)," ungkapnya.

Disamping itu, penanganan Jalan Cisumur-Nangerang tengah dalam proses di Bagian PBJ (Pengadaan Barang dan Jasa), serta akan ditambah di APBD perubahan untuk segmen segmen lainnya sesuai janji Bupati.

"Saat ini untuk penanganan Ruas Jalan Hariang-Cisumur sudah berkontrak, dan pekerjaannya sudah bisa dimulai. Sedangkan untuk paket Ruas Jalan Cisumur- Nangerang masih dalam proses di PBJ. Kemungkinan proses maksimal sekitar dua minggu. Mudah-mudahan Agustus sudah ber-SPK," ungkapnya.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x