Disbudpar Jabar Siap Berikan Kado Spesial 100 Tahun Observatorium Bosscha

- 15 Juli 2022, 18:57 WIB
Disbudpar Jabar Siap Berikan Kado Spesial 100 Tahun Observatorium Bosscha./Kiki Kurnia/Galamedianews
Disbudpar Jabar Siap Berikan Kado Spesial 100 Tahun Observatorium Bosscha./Kiki Kurnia/Galamedianews /

GALAMEDIANEWS - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat bersama Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Jawa Barat berencana akan memberikan kado spesial pada Observatorium Bosscha di usia 100 tahun.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Benny Bachtiar melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Febiyani saat melakukan uji lapangan bersama TACB dan Kepala Bjdang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat (KBB), Usep Suherman ke Observatorium Bosscha, Lembang, KBB, Jumat, 15 Juli 2022.

Dikatakan Febiyani, pihaknya akan meningkatkan status Benda Cagar Budaya (BCB) dari bangunan menjadi kawasan. "Untuk bangunan, khususnya gedung Koepel (teropong Zeiss) sudah diakui sebagai BCB nasional, namun secara kawasan belum," katanya.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Ulum Didorong Jadi Orang Nomor Satu di Jabar, Ketum PPP: Masa Wakil Gubernur Terus

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya meminta Disparbud KBB segera melakukan kajian lebih jauh soal kawasan Observatorium agar bisa diajukan ke TACB Jabar untuk selanjutnya dikaji dan dietaokan senagai BCB Jabar yang kemudian diajukan ke Nasoonal agar diakui sebagai BCB nasional.

Pihaknya pun sudah meminta Bidang kebudayaan KBB meminta TACB KBB melakukan kajian lebih luas lagi, karena banyak bangunan dan situs di atea Observatorium Bosscha.

"Pengakuan secara nasional untuk kawasan Obervatorium Bosscha sangat penting agar tidak ada penyerobotan dari pihak pihak yang tidak bertanggung jawab," katanya.

"Kedepannya untuk pemanfaatan bisa lebih luas tidak hanya gedungnya saja, tapi bisa secara kawasan," tambahnya.

Febiyani pun menyebutkan, Bupati Bandung Barat bisa berkirim surat ke Gubernur Jawa Barat untuk penetapan bangunan dan kawasan Observatorium Bosscha sebagai BCB Jawa Barat di tahun 2023.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x