141 Jurnalis Gugur Selama Bertugas di Palestina

- 25 April 2024, 21:50 WIB
Rompi yang dipakai jurnalis saat meliput di Gaza.
Rompi yang dipakai jurnalis saat meliput di Gaza. /ANTARA/Anadolu/

GALAMEDIANEWS – Palestina masih terus berkecamuk hingga saat ini. Korban berjatuhan, tidak hanya dari warga sipil saja, tenaga medis dan jurnalis juga menjadi korban.

Seorang jurnalis Palestina gugur dalam serangan udara Israel pada Kamis 25 April 2024, menambah jumlah korban jurnalis tewas menjadi 141 orang sejak Oktober 2023, lapor kantor media pemerintah Gaza.

Reporter kantor berita Palestine Now, Mohammed al-Jamal, gugur ketika jet tempur Israel menghantam rumahnya di Kota Rafah di Jalur Gaza selatan, demikian menurut pernyataan kantor media tersebut.

Baca Juga: Allahu Akbar!!! Sebanyak 350 Tenaga Kesehatan Meninggal Dunia dan 520 Lainnya Terluka di Jalur Gaza!

Israel melancarkan serangan brutal di Jalur Gaza membalas serangan lintas batas yang dilakukan kelompok perlawanan Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023, yang menewaskan hampir 1.200 orang.

Sampai saat ini, 34.200 warga Palestina terbunuh dan 77.200 orang lainnya terluka di tengah pengepungan ketat yang dilakukan Israel, yang menyebabkan seluruh penduduk, terutama di Gaza utara, berada di ambang kelaparan.

Enam bulan lebih perang berdampak pada Israel sebagian besar wilayah Gaza hancur, sehingga memaksa 85 persen penduduk di daerah kantong tersebut mengungsi di tengah krisis makanan, air bersih dan obat-obatan yang melumpuhkan, menurut PBB.

Baca Juga: Terjunkan Bantuan Langsung ke Gaza, TNI AU Lakukan Kerja Sama dengan AU Yordania

Pada Januari 2024, Israel dituduh telah melakukan genosida dalam gugatan yang diajukan di Mahkamah Internasional (ICJ).

Putusan sementara ICJ memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan aksi genosida dan mengambil sejumlah tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan menjangkau warga sipil di Gaza.

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x