Allahu Akbar!!! Sebanyak 350 Tenaga Kesehatan Meninggal Dunia dan 520 Lainnya Terluka di Jalur Gaza!

- 23 April 2024, 16:09 WIB
Pasukan pendudukan Israel Penjajah menghancurkan pabrik obat terbesar di Gaza, yang terletak di kota Deir al Balah.
Pasukan pendudukan Israel Penjajah menghancurkan pabrik obat terbesar di Gaza, yang terletak di kota Deir al Balah. /X.com/@AbujomaaGaza

GALAMEDIANEWS – Palestina merupakan negara dengan korban yang terbanyak terkena dampaknya. Tidak hanya warga sipil yang terkena imbasnya, tenaga kesehatan juga terkena.

Sebanyak 350 tenaga kesehatan telah terbunuh dan 520 lainnya terluka di Jalur Gaza sejak agresi Israel ke daerah tersebut pada 7 Oktober 2023, demikian menurut Pelapor Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Kami mengetahui bahwa sekitar 520 tenaga medis terluka, serta 350 pekerja medis termasuk tenaga kesehatan lainnya, telah tewas," ucap Pelapor Khusus PBB untuk hak kesehatan Tlaleng Mofokeng dalam konferensi pers pada Senin (22/4/2024).

Baca Juga: Refleksi Hari Buku Se-Dunia dan Pembangunan Budaya Membaca Masyarakat

Jumlah Korban Tewas Itu tidak Termasuk Sejumlah Remaja Gaza Yang Berinisiatif Membantu Tenaga Kesehatan

Dirinya mengungkapkan, jumlah korban tewas tersebut tidak termasuk sejumlah remaja Gaza yang berinisiatif membantu tenaga kesehatan di berbagai rumah sakit sejak jumlah korban tewas dan cedera akibat serangan Israel meningkat drastis.

Mofokeng lebih lanjut mengatakan bahwa akibat agresi Israel, infrastruktur dan sistem kesehatan di Jalur Gaza luluh lantak dan hak rakyat Palestina untuk sehat tidak dapat dijamin sama sekali.

"Serangan, penganiayaan, pembunuhan tenaga kesehatan, termasuk banyak kolega saya sendiri, penghancuran fasilitas kesehatan, dan pemusnahan organisasi penyedia bantuan kemanusiaan terus membumbung tinggi hingga pada tingkat yang tak terkira," ujar Mofokeng.

Baca Juga: Tanggapan Pasangan AMIN Usai MK Tolak Seluruh Gugatan Permohonan Sengketa Pilpres 2024

Israel melancarkan agresi ke Jalur Gaza pada 7 Oktober 2023 sebagai balasan atas serangan Hamas ke teritorinya yang disebut menewaskan 1,200 orang.

Halaman:

Editor: H. Bambang Priambodo

Sumber: Antaranews.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x