Update GEMPA BALI: Gempa Susulan, Rumah yang Rusak hingga Korban Luka

- 14 Desember 2022, 12:56 WIB
Karangasem Diguncang Gempa hingga timbulkan kerusakan.
Karangasem Diguncang Gempa hingga timbulkan kerusakan. /BMKG/

GALAMEDIANEWS - Sebanyak 34 rumah warga di Kabupaten Karangasem, Bali mengalami kerusakan akibat gempa dengan magnitudo (M) 5,2.

Rumah warga yang mengalami kerusakan tersebar di di beberapa kecamatan, antara lain Kecamatan Kubu, Manggis, Karangasem, Rendang dan Bebandem.

"BPBD Kabupaten Karangasem memutakhirkan data dampak gempa bumi magnitudo (M)5,2 per Rabu pukul 06.00 WIB. Sebanyak 34 rumah warga mengalami kerusakan yang dipicu fenomena geologi pada Selasa kemarin, pukul 20.38 waktu setempat," kata Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu 14 desember 2022.

Baca Juga: WAJIB TAHU 5 Dosa Orang Tua Terhadap Anak, Waspada Allah Benci Sikap Ortu yang begini

Tidak itu saja, dua warga luka-luka akibat peristiwa yang dipicu gempa dengan pusat 23 km timur laut Karangasem.

"Salah satu korban luka-luka akibat terkena air panas karena panik saat gempa. Kedua warga tersebut telah mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah Karangasem," ujar Abdul seperti dilansirkan Antara.

Sementara itu petugas BPBD setempat masih melakukan pendataan dan pemantauan di lokasi terdampak.

Baca Juga: Calon Mertuaku adalah Mantan Pelangganku, Catat Jadwal Kupu Kupu Malam Series, Arif Dirgantara Ancam Laura,

Gempa susulan atau aftershock termonitor sebanyak 21 kali dengan magnitudo terbesar 4,5. Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa bumi ini akibat aktivitas sesar naik Flores atau Flores back arc thurst. Dilihat dari analisis mekanisme sumber gempanya, terjadi mekanisme pergerakan naik.

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x