GEMPA BALI HARI INI, Bangunan Rumah Sakit dan Rumah Warga Rusak Diguncang 20 Kali

- 13 Desember 2022, 20:55 WIB
Ilustrasi gempa.
Ilustrasi gempa. /Pixabay/HaticeEROL/


GALAMEDIA NEWS - Gempa Bali hari ini, Selasa 13 Desember 2022, menyebabkan bangunan rumah sakit dan rumah warga mengalami kerusakan.

Laporan resmi BMKG menyebutkan lima rumah dan satu rumah sakit (RS) rusak akibat gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2.

Empat rumah rusak dilaporkan berada di Dusun Baturinggit Kelod, Desa Baturinggit, Kubu, Karangasem, dan satu rumah rusak di Dusun Pagubugan, Desa Manggis, Karangasem.

Sedangkan RS Balimed, Bebande, Karangasem pun turut mengalami kerusakan.

Sejauh ini BMKG belum menerima laporan adanya korban jiwa.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono meminta masyarakat memastikan kestabilan bangunan sebelum kembali masuk ke dalam tempat tinggalnya setelah beberapa wilayah Bali, khususnya Karangasem, diguncang lebih dari 20 gempa susulan (aftershock) sampai pukul 20.56 WITA.

Baca Juga: TELUSURI BOM BUNUH DIRI Polsek Astanaanyar, Tim Densus Gencarkan Penggeledahan Kamar Kosan di Bandung

"Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, serta menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa," ujarnya dalam keterangannya, Selasa 13 Desember 2022.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, atau pun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tandasnya.

Daryono menjelaskan pusat gempa bumi berjarak 1 kilometer ke arah timur dari Kubu, Karangasem. Kedalaman gempa mencapai 30 kilometer.

Halaman:

Editor: Shiddik Zaenudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x