DATA TERBARU, Korban Meninggal Gempa Cianjur Mencapai 600 Orang

- 12 Desember 2022, 16:25 WIB
Rumah rusak berat akibat Gempa Cianjur, beberapa waktu lalu.
Rumah rusak berat akibat Gempa Cianjur, beberapa waktu lalu. /Foto: PMJ/Ginting/

 

GALAMEDIANEWS - Jumlah korban meninggal akibat gempa Cianjur 5,6 magnitudo mencapai 600 orang. Sebagian besar korban yang meninggal tidak terdata dan yang terdata hanya 335 orang.

Bupati Cianjur Herman Suherman, Senin 12 desember 2022 menuturkan, jumlah korban akibat gempa bertambah setelah dilakukan pendataan ulang. Di mana sekitar 265 korban gempa yang meninggal tidak dilaporkan karena langsung dimakamkan keluarganya.

“Banyak korban yang tidak dilaporkan anggota keluarganya. Setelah dilakukan pendataan ulang jumlahnya mencapai 600 orang yang tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Pacet, Cugenang, Cianjur, dan Warungkondang,” katanya seperti dilansirkan Antara.

Baca Juga: BANJIR BANDUNG: Setelah Gedebage Kini Banjir Melanda Pasir Koja, Kopo, Cibaduyut dan Leuwipanjang

Menurut Herman, di Kecamatan Cugenang saja 400 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut, termasuk delapan orang yang belum ditemukan. Ditambah dari Kecamatan Pacet, Cianjur dan Warungkondang karena sudah dikubur tapi tidak dilaporkan.

Pihaknya meminta RT/RW dan perangkat desa mendata ulang warga yang meninggal akibat gempa dan. Hingga ditemukan sebanyak 600 orang meninggal akibat gempa.

“Data korban meninggal berdasarkan nama per alamat dengan surat keterangan kematian dari pemerintah desa, sehingga data tersebut akan diteruskan ke Kemensos agar keluarga yang ditinggalkan dapat menerima uang duka,” ujarnya.

Baca Juga: Cerita PIALA DUNIA 2022, Portugal Kalah dan Tersingkir, Cristiano Ronaldo: Sayangnya Mimpi Itu Telah Berakhir

Lebih lanjut Herman menuturkan, di Kecamatan Cugenang saja terdata 400 orang korban meninggal dunia akibat gempa termasuk delapan orang yang belum ditemukan, ditambah dari Kecamatan Pacet, Cianjur dan Warungkondang karena sudah dimakamkan tapi tidak dilaporkan, sehingga tidak masuk dalam daftar Pemkab Cianjur.

Uang duka akan diserahkan di akhir tahun kepada ahli waris setelah mendapat persetujuan dari Kementerian Sosial.

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x