Penting! Orang tua Harus Tahu, Bentengi Anak dengan Nilai Integritas Sejak Dini

- 6 Februari 2023, 16:36 WIB
Ilustrasi pendidikan anak. Orang tua harus tahu membentengi anak dengan nilai integritas sejak dini
Ilustrasi pendidikan anak. Orang tua harus tahu membentengi anak dengan nilai integritas sejak dini /unsplash.com/Mufid Majnun/

GALAMEDIANEWS - Integritas adalah kombinasi nilai-nilai seperti kejujuran, kedisiplinan, kepedulian, kemandirian, kesederhanaan, tanggung jawab, kerja keras, keberanian, dan keadilan. 

Nilai-nilai ini membentuk dasar bagi pembentukan karakter yang kuat dan bertanggung jawab pada anak-anak. Oleh karena itu, penting bagi anak-anak untuk membentengi diri mereka dengan nilai integritas sejak dini.

Menurut studi yang dilakukan oleh National Institute for Early Education Research, anak-anak yang dibesarkan dengan nilai-nilai integritas cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dan lebih mampu menghadapi tantangan hidup. Mereka juga lebih mudah membuat pilihan yang tepat dan bertanggung jawab dalam situasi sulit.

Bentengi anak dengan nilai integritas sejak dini

Untuk mengenalkan nilai integritas anti korupsi sejak dini, salah satu caranya adalah melalui pendidikan. Baik itu di rumah dari orang tua maupun dari guru di sekolah. Sekolah dapat menjadi salah satu institusi yang memiliki peran besar dalam hal ini.

Baca Juga: BAF Terus Beri Andil dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Anak Indonesia

Dalam pembelajaran, sekolah dapat mengenalkan nilai integritas antikorupsi melalui beberapa cara seperti ceramah, diskusi, atau simulasi yang menunjukkan pentingnya integritas dalam memerangi korupsi.

Orang tua dan pendidik memiliki peran penting dalam membantu anak-anak membangun integritas mereka. Mereka dapat memberikan dukungan, arahan, dan contoh yang baik bagi anak-anak. Misalnya, orang tua dapat membantu anak-anak memahami pentingnya kejujuran dengan memberikan pujian dan dukungan setiap kali anak-anak mengakui kesalahan mereka. 

Pendidik juga dapat membantu anak-anak memahami tanggung jawab dengan memberikan tugas dan tanggung jawab yang sesuai dengan usia mereka.

Sebagai contoh, seorang anak yang dibesarkan dengan nilai integritas akan lebih mudah menolak tawaran untuk melakukan hal-hal yang merugikan orang lain. 

Halaman:

Editor: Imam Ahmad Fauzan

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x