Kesederhanaan Dapat Mencerminkan Integritas, Menjauhi dari Tindak Pidana Korupsi

- 25 Februari 2023, 12:26 WIB
 Kesederhanaan dapat mencerminkan Integritas seseorang, dengan integritas yang tinggi menjauhi dari Tindak Pidana Korupsi/(ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Kesederhanaan dapat mencerminkan Integritas seseorang, dengan integritas yang tinggi menjauhi dari Tindak Pidana Korupsi/(ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga) /

 

GALAMEDIANEWS - Baru-baru ini sedang viral kasus pemuda bernama Mario Dendy Satrio melakukan penganiayaan terhadap seorang remaja. Belakangan diketahui, bahwa pemuda itu adalah anak dari seorang pejabat publik di Direktorat Jenderal Pajak. Mario kerap memamerkan kekayaan orang tuanya di berbagai media sosialnya.

Kasus ini berujung pada terkuaknya harta kekayaan orang tuanya yang mencapai 56 miliar yang menjadi sorotan publik, Kasus ini menggerus kepercayaan publik terhadap pemerintah khususnya kementerian keuangan. Hal ini tentu bertentangan dengan Prinsip Integritas dari seorang ASN yang tidak menerapkan nilai integritas dalam kehidupan keluarganya yakni Kesederhanaan.

Kasus penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dendy Satrio menjadi pelajaran mahal baha pentingnya pentingnya integritas dalam diri. Pelakunya telah ditangkap oleh pihak kepolisian. Sedang Ayahnya Rafael Alun Trisambodo, telah melepaskan statusnya sebagai Aparatur Sipil Negara. Dan siap menani pemeriksaan dari Inspektoat Jenderal Kemenkeu dan KPK terkait harta kekayaannya yang fantastis.

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Bekasi, Cocok Dikunjungi Bersama Anak dengan Fasilitas dan Wahana Lengkap

Ketika berbicara tentang kesederhanaan, kita tidak dapat memisahkan dengan kata "integritas". Orang yang menjaga integritasnya memiliki sikap yang mencegahnya untuk melakukan tindakan korupsi. Oleh karena itu, nilai integritas merupakan salah satu nilai kunci dalam mencegah korupsi.

Menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), integritas berarti bertindak sesuai dengan apa yang diucapkan. Nilai integritas merupakan perpaduan antara pikiran, perasaan, perkataan, dan tindakan yang sejalan dengan hati nurani dan norma-norma yang berlaku.

Integritas adalah salah satu nilai pribadi yang mendasar yang harus dimiliki seseorang. Nilai ini terdiri dari nilai-nilai kode etik di tempat kerja, nilai-nilai masyarakat dan nilai-nilai moral individu.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Murah di Ciwidey Bandung Instagramable dan Sejuk 2023

Halaman:

Editor: Reza Rafaeza

Sumber: ACLC KPK


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x