Breaking News! Indonesia Resmi Menjadi Ketua Mikta

- 7 Maret 2023, 19:52 WIB
Indonesia kembali memegang estafet keketuaan MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, Australia) setelah sebelumnya sudah memegang keketuaan ASEAN 2023. / @kemlu_ri
Indonesia kembali memegang estafet keketuaan MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, Australia) setelah sebelumnya sudah memegang keketuaan ASEAN 2023. / @kemlu_ri /

GALAMEDIANEWS - Indonesia resmi menjadi ketua Mikta (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, Australia). Apakah Mikta itu?

Mikta adaah Neologisme sekaligus singkatan dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, Australia. Negara-negara tersebut masuk kedalam kelompok next eleven.

Dilansir dari instagram resmi @kemlu_ri menyatakan bahwa Indonesia menerima estafet keketuaan MIKTA dari Turki dalm pertemuan MIKTA di New Delhi, India (3/2).

Baca Juga: Nah Lho, KPK Tingkatkan Status Penanganan Perkara Rafael Alun Trisambodo ke Tahap Penyelidikan

Dalam hal ini, Menlu ri menyampaiakan tiga prioritas kekuatan Indonesia di MIKTA, apa sajakah itu? Simak lanjutan berita ini yah.

Indonesia akan menjadi ketua MIKTA untuk satu tahun kedepan. Berikut ini tiga prioritas kekuatan Indonesia di MIKTA.

Tiga Prioritas Indonesia di MIKTA

1. Penguatan multilateralisme

Multilateralisme ini sedang di bawah tekanan. Oleh karena itu, MIKTA harus menjadi yang terdepan dalam menjaga multilateralisme  guna mendorong keamanan, stabilitas, dan kemakmuran bersama.

"Indonesia percaya bahwa multilateralisme merupakan cara terbaik untuk memastikan semua negara berdiri sama tinggi dan kesewenang-wenangan pihak yang berkuasa," ujar Menlu.

2. Pemulihan yang inklusif

Pemulihan yang inklusif MIKTA harus mengkoordinasikan aksi untuk mewujudkan pemulihan global yang kuat dan inklusif.

"Tujuan pembangunan berkelanjutan tetap menjadi agenda inti MIKTA yang diperkuat dengan dialog inklusif dengan mitra-mitra eksternal," lanjut Menlu.

Baca Juga: 5 Tempat Makan Favorit di Bogor Cocok untuk Acara Munggahan Bersama Keluarga

3. Transformasi digital

Digitalisasi menjadi masa depan ekonomi MIKTA yang sejahtera tentu Disertai dengan tantangan-tantangan mis-informasi dis-informasi.

"Oleh karenaitu, tahun ini MIKTA harus mengintensifkan upaya-upaya untuk membangun norma, berbagi best practices, dan menggalang respon kolektif," tutup Menlu.

Kekuata Indonesia di MIKTA juga bersamaan dengan kekuatan Indonesia di ASEAN 2023.

Menlu ri menyatakan bahwa harapan Indonesia dengan Indonesia memegang ketua MIKTA dan ASEAN ini dapat menjadi jembatan dan kekuatan positif di kancah politik global.***

Editor: Ryan Pratama

Sumber: kemlu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x