Lebaran di Pesantren, Sholat Idul Adha Berjamaah Hingga Potong Hewan Kurban

- 1 Agustus 2020, 15:22 WIB
/

GALAMEDIA - Semarak Hari Raya Idul Adha 1441 H sudah terasa sejak H-1 kala gema takbir sudah berkumandang sepanjang malam. Puncaknya, adalah perayaan hari raya yang kerap juga dinamakan Idul Qurban pada Jum'at 31 Agustus 2020 pagi dengan Sholat Id berjamaah dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

Hampir di setiap sudut wilayah berlangsung prosesi pemotongan hewan kurban sebagai praktik ibadah sunnah yang sangat diutamakan pada bulan Dzulhijjah ini. Tak terkecuali di Pesantren Tahfidz Daarul Qur'an Cipondoh, Tangerang. Selepas melaksanakan Sholat Idul Adha di Masjid Nabawi, Ustadz Yusuf Mansur, para asatidz, SDI hingga santri pun melanjutkan kegiatan mereka dengan menyembelih hewan kurban.

Baca Juga: Peringatan Hari Jadi Arema FC ke-33 Akan Diwarnai Kinser Virtual

"Ada dua hal yang saya, dengan izin Allah bersyukur, bisa belajar dari Nabiyallah Ibrahim dan anaknya Nabiyallah Ismail, ketaatan dan kesabaran, menunjukkan ketaatan dan kesabaran," seru Ustadz Yusuf Mansur dalam khutbah Idul Adha 1441 H di Masjid Nabawi.

Sebelum dimulainya prosesi pemotongan hewan kurban, Ustadz Yusuf Mansur dan panitia kurban terlebih dahulu memanjatkan doa agar Allah menerima segala amal ibadah para pequrban, panitia dan seluruh pihak yang terlibat dalam rangkaian acara pada Hari Raya Idul Adha 1441 H ini.

Baca Juga: Anggaran Koran dan Majalah Dihapus, Anggaran Publikasi Covid Rp 700 Juta Dipertanyakan F-PKB

Kambing dan sapi yang berada di lokasi penyembelihan Pesantren Tahfidz Daarul Qur'an merupakan kurban yang telah ditunaikan para donatur atau pequrban kepada PPPA Daarul Qur'an melalui platform pppa.id. Selain itu, wali santri hingga santri pun tak kalah semangat untuk berqurban di tahun ini.

Ketua panitia kurban Pesantren Tahfidz Daarul Qur'an, Ustadz Rosyidun kala ditemui di lokasi penyembelihan hewan qurban berkata, "alhamdulillah, pemotongan hewan kurban sudah kami laksanakan, di sini ada lima sapi dan sekitar 120 ekor kambing, ada yang dari kawan-kawan DBN, para jamaah, wali santri sampai santri itu sendiri yang dilatih untuk berkurban."

Baca Juga: PSBB Bodebek Kembali Diperpanjang, AKB Berlanjut Hingga 29 Agustus 2020

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X