Pesawat N250 Buatan BJ Habibie Berakhir di Museum

- 19 Agustus 2020, 21:21 WIB
Pesawat N250
Pesawat N250 /

GALAMEDIA - Perjalanan pesawat N250 Gatotkaca berakhir. Burung besi buatan BJ Habibie tersebut akhirnya dikandangkan dan masuk Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Rabu, 19 Agustus 2020.

Nasib N250 Gatotkaca selesai setelah 25 tahun menjadi kebanggaan dunia penerbangan Indonesia. Pesawat itu selesai dibangun dan diresmikan oleh Presiden Soeharto, pada tahun 1995 di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung.

Pesawat itu menjadi bukti kecanggihan teknologi yang dimiliki oleh pesawat N250. Sekaligus bukti keberhasilan Indonesia membuat pesawat.

Baca Juga: Diduga Tak Bisa Berenang, Anjar Tewas Tenggelam di Curug Teduh Tasikmalaya

Tahun ini, bertepatan dengan 75 tahun Indonesia Merdeka, pesawat itu "selesai bertugas". Selama ini, pesawat kerap tampil dalam berbagai ajang pameran kedirgantaraan di Kota Bandung.

Hal ini diungkapkan melalui laman resmi Facebook TNI Angkatan Udara. "Sang Gatotkaca, kini bersiap melakukan perjalanan panjang dari Bandung menuju Muspusdirla Yogyakarta, bukan terbang tetapi melalui jalan darat," begitu keterangan laman tersebut.

"Ada perasaan pilu menyaksikan nasib sang Gatotkaca kini, meskipun demikian, ini kenyataan yang tidak bisa kita tolak. Selamat jalan Gatotkaca, semoga di tempat baru, kamu dapat lebih menginspirasi generasi sekarang dan mendatang," sambung keterangan itu.

Baca Juga: Jadwal Acara INDOSIAR dan SCTV, 20 Agustus 2020: Konser Hijrah Cinta Rossa & Lesti

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x