INFO GEMPA TERKINI, BMKG Sebut Guncangan Magnitudo 5,3 di Sulawesi Tengah Bagaikan Truk Besar Lewat

- 30 Juni 2023, 20:32 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /Pixabay/Paula

 

GALAMEDIANEWS - Gempa bumi mengguncang wilayah Teluk Tomoni, Banggai, Sulawesi Tengah, Jumat 30 Juni 2023. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan gempa tektonik tersebut berkekuatan magnitudo 5,3.

Terkait hal itu, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono mengatakan episenter gempa bumi tersebut berlokasi di koordinat 0,59 lintang selatan dan 122,44 bujur timur, atau di laut pada jarak 11 km arah utara Bunta, Banggai, Sulawesi Tengah pada kedalaman 23 km.

"Melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif," ujar Daryono.

Baca Juga: PREVIEW Mushoku Tensei Season 2 Episode 0 Berfokus pada Fitz, Siapakah Dia?

Berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber, ia mengatakan, menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Gempa yang terjadi pada hari ini pukul 17.37 WIB itu, lanjut Daryono, memiliki parameter update dengan magnitudo 4,9 dan tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: 5 Cara Alami Turunkan Kadar Kolesterol Usai Memakan Daging Kurban Idul Adha

Disebutkan, gempa bumi tersebut dirasakan di daerah Luwuk dengan skala intensitas III MMI (modified mercally intensity). Hal itu menyebabkan getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x