Gempa Sumatera Barat Berkekuatan Magnitudo 5,8, BMKG Keluarkan Peringatan kepada Masyarakat

- 20 Juni 2023, 19:15 WIB
Gempa Hari Ini 20 Juni 2023 Guncang Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, Magnitudo 5.8
Gempa Hari Ini 20 Juni 2023 Guncang Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, Magnitudo 5.8 /BNKG/BMKG

 


GALAMEDIANEWS - Gempa berkekuatan magnitudo 5,8 terjadi di wilayah Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Selasa, 20 Juni 2023.

Terkait hal tersebut, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan episenter gempa berada pada koordinat 1,03 lintang selatan dan 98,42 bujur timur, atau berlokasi di laut pada jarak 167 km arah barat laut Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, pada kedalaman 34 km.

"Melihat lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia menunjam ke lempeng Eurasia," ungkapnya melakui akun Twitter, Selasa, 20 Juni 2023.

Baca Juga: Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia Ajak Perempuan Terlibat dalam Bisnis Kurir dan Logistik

Berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber, ia mengatakan, menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

"Gempa bumi ini tidak berpotensi terjadinya tsunami," lanjut Daryono.

Disebutkan, gempa yang terjadi pada Selasa, 20 Juni 2023 pada pukul 15.39 WIB itu memiliki parameter update dengan magnitudo 5,6.

Gempa bumi di wilayah Mentawai tersebut, ia mengatakan, berdampak dan dirasakan di daerah Siberut dengan skala intensitas III-IV MMI (modified mercally intensity). Dengan begitu, guncangan atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x