Apa Itu Polusi Plastik? Ketahui Sumber Penyebab dan Cara Mengatasinya

- 2 Juli 2023, 10:07 WIB
Ilustrasi polusi plastik
Ilustrasi polusi plastik /www.iisd.org/

GALAMEDIANEWS – Polusi plastik adalah akumulasi benda dan partikel plastik di lingkungan yang berdampak buruk bagi manusia, satwa liar, dan habitatnya. Plastik dikategorikan sebagai polutan berdasarkan ukurannya yang menjadi sampah mikro, meso atau makro.

Plastik tidak mahal dan tahan lama, sehingga sangat mudah beradaptasi untuk berbagai penggunaan, yang akibatnya produsen lebih memilih untuk menggunakan plastik daripada bahan lain.

Baca Juga: Ini Dia SMA Terbaik di Kabupaten Demak Jawa Tengah Versi LTMPT, Bisa Jadi Referensi PPDB 2023

Akan tetapi, struktur kimiawi yang ada pada plastik menjadikannya tahan terhadap degradasi alami dan akibatnya lambat terurai.

Polusi Plastik 

Polusi plastik adalah masalah lingkungan yang besar. Diperkirakan 8 juta ton sampah plastik masuk ke lautan setiap tahunnya. Plastik dapat membahayakan kehidupan laut, mencemari pantai, dan mengganggu ekosistem. Sampah plastik juga dapat masuk ke dalam rantai makanan, sehingga menimbulkan risiko bagi kesehatan manusia.

Ada banyak sumber polusi plastik dan seringkali kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, berikut beberapa sumber yang paling umum dan harus kita ketahui bersama:

1. Membuang sampah sembarangan, hal ini adalah sumber polusi plastik yang paling umum. Ketika orang membuang sampah sembarangan, pada dasarnya mereka membuang sampah plastik ke lingkungan dimana sampah tersebut akan berakhir di sungai, lautan dan saluran air lainnya.

2. Pengelolaan sampah yang tidak memadai adalah sumber utama polusi plastik. Ketika sampah plastik tidak dibuang dengan benar, sampah plastik akan berakhir di lingkungan. Hal ini dapat terjadi karena masyarakat lebih memilih tempat pembuangan terbuka atau tempat pembuangan illegal.

3. Produksi industri, plastik digunakan dalam berbagai macam proses industri, selama proses ini berjalan begitu juga proses pelepasan sampah plastik ke lingkungan akan terus terus terjadi.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: www.ntlabs.co.uk


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x