Polusi Plastik Tidak Hanya Tentang Lingkungan, Simak Pengaruhnya Terhadap Perekonomian!

- 3 Juli 2023, 11:34 WIB
Pengaruh polusi plastik terhadap perekonomian dunia
Pengaruh polusi plastik terhadap perekonomian dunia /thebalancemoney.com/

 

GALAMEDIANEWS - Polusi plastik memiliki dampak ekonomi yang signifikan di dunia, secara total biaya ekonomi dari polusi plastik diperkirakan mencapai miliaran dolar setiap tahun. Biaya ini kemungkinan akan terus meningkat karena polusi plastik akan semakin meluas.

Berikut adalah cara polusi plastik mempengaruhi perekonomian dunia:

1. Plastik dalam perikanan

Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar tentang Great Pacific Garbage Patch yang merupakan tempat pembuangan sampah raksasa terapung yang terkenal diantara California dan Hawaii. Kemudian pilin atau arus laut memindahkan polusi ini ke seluruh dunia.

Pastinya kita sering melihat gambar spesies laut yang mati karena plastik laut, seperti penyu yang terperangkap dalam kemasan plastik, burung laut yang terjerat tali pancing dan penyebab utamanya adalah karena limbah plastik.

Baca Juga: Sejarah Hari Bebas Plastik Sedunia 3 Juli 2023 untuk Bumi yang Lebih Baik

Plastik laut berbahaya di setiap tingkatan, hal yang bisa terjadi pun sangat berbahaya dalam kehidupan dan ekosistem bawah laut, seperti hewan yang menganggap plastik makanannya – organisme menyerapnya – mereka mati - mengganggu pola pergerakan dan menciptakan kelangkaan dalam rantai makanan – mengikis ekosistem laut yang menjadi sandaran semua kehidupan, sungguh ironi sekali tentang apa yang sebenarnya sedang terjadi pada dunia ini.

Dengan rusaknya ekosistem laut, hal ini dapat mempengaruhi sektor perikanan karena selain menangkap ikan yang penuh dengan plastik, komunitas nelayan akan sulit menavigasi plastik di lautan. Kantong plastik yang tersangkut di baling-baling dan jaring ikan yang terjerat polusi plastik membuang-buang waktu dan biaya yang berharga untuk memperbaikinya.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: growensemble.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x