Fikom Unisba Gelar Pelatihan Komunikasi Konselor yang Diikuti Guru BK SMA/SMK Kota dan Kabupaten Bandung

- 26 Juli 2023, 12:02 WIB
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung menggelar kegiatan Pelatihan Komunikasi Konselor dengan tagline  “Mendengar dari Hati”
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung menggelar kegiatan Pelatihan Komunikasi Konselor dengan tagline “Mendengar dari Hati” /Fikom Unisba/

GALAMEDIANEWS - Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung menggelar kegiatan Pelatihan Komunikasi Konselor dengan tagline acara “Mendengar dari Hati”, pada hari Selasa, 25 Juli 2023 yang bertempat di Auditorium Unisba, Gedung Dekanat Tamansari No. 24-26 Bandung.

Kegiatan ini merupakan implementasi Tridharma PT, yaitu pengabdian kepada masyarakat untuk guru BK SMA dan SMK kota dan kabupaten Bandung.

Selain itu pelatihan ini menjadi sarana silaturahmi Fikom Unisba dengan SMA - SMK khususnya dengan Guru BK. Sekaligus merupakan bentuk kerjasama antara Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung dan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Bhakti Kencana.

Kegiatan ini dihadiri oleh 68 Guru BK yang merupakan perwakilan dari SMA/SMK se-Kota dan Kabupaten Bandung dengan pembicara Santi Indra Astuti, S.Sos., M.Si. (Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung) dan Linda Widyastuti, M.Psi., Psikolog (Dosen Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Bhakti Kencana).

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung menggelar kegiatan Pelatihan Komunikasi Konselor dengan tagline “Mendengar dari Hati”
Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung menggelar kegiatan Pelatihan Komunikasi Konselor dengan tagline “Mendengar dari Hati”

Santi Indra Astuti, yang merupakan trainer Internasional di Bidang Digital Literacy mengkalibrasi tentang bagaimana aktivitas digital dari remaja bisa mempengaruhi pola perilaku dan respon siswa secara psikis, yang pada akhirnya diaktualisasikan pada perilakunya di sekolah.

Kemudian, Linda Widyastuti, yang merupakan seorang Psikolog menekankan konsep Active Listening, menjelaskan bagaimana sikap kepedulian bisa tumbuh dengan dimulai dari mendengarkan secara seksama, kemudian mencoba perspektif dari lawan bicara yang pada akhirnya dapat menunjukan rasa empati yang tepat dan menghasilkan penyelesaian konseling yang kondusif dan berkualitas.

Ketua pelaksana Ahmad Fadhli, S.I.Kom., M.I.Kom mengutarakan bahwa melalui acara ini Fikom Unisba bersama dengan Fisos Universitas Bhakti Kencana berharap agar para guru BK dapat meningkatkan sekaligus mengkalibrasi kapasitasnya sebagai pendamping dan sebagai rujukan bagi siswa dalam menjalani kehidupan sekolah baik dalam lingkup akademik, lebih dalam lagi dalam lingkup kehidupan pribadi dan persoalan lain diluar konteks akademik.***

 

Halaman:

Editor: Lina Lutan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah