PPK Ormawa BEM Fikom Unisba Luncurkan Program Koper Athena di Desa Pakuhaji Bandung Barat

- 24 Juli 2023, 17:21 WIB
Penyerahan Plakat dari Wakil III Dekan Fikom Unisba, Ibu Dr. Tresna Wiwitan, Dra., M.Si kepada Kepala Desa Pakuhaji Ibu Heni Watini
Penyerahan Plakat dari Wakil III Dekan Fikom Unisba, Ibu Dr. Tresna Wiwitan, Dra., M.Si kepada Kepala Desa Pakuhaji Ibu Heni Watini /Fikom Unisba/

 

GALAMEDIANEWS - Perkembangan zaman, di tengah gempuran canggihnya teknologi dan pesatnya berbagai informasi saat ini, menyebabkan adanya ketimpangan antara realita sosial dengan kompetensi sumber daya manusianya. Ketimpangan ini juga dapat berakibat pada kesejahteraan masyarakat, khususnya kesejahteraan ekonomi dan kesejahteraan keluarga.

Perempuan sebagai pemegang peran penting dalam kehidupan berkeluarga dan bermasyarakat, merupakan sumber daya manusia yang berpotensi untuk mengembangkan dan mengoptimalkan tantangan perkembangan zaman tersebut.

Desa Pakuhaji yang berlokasi di Kabupaten Bandung Barat, merupakan salah satu dari desa di Jawa Barat yang memiliki potensi sumber daya alam beragam seperti pada sektor perkebunan, peternakan dan pertanian.

Potensi sumber daya alam ini belum diimbangi dengan kondisi sumber daya manusia yang ada disana. Kurang memadainya potensi tersebut disebabkan banyaknya jumlah perempuan di desa yang putus sekolah, terutama jenjang Sekolah Menengah Pertama sampai ke jenjang Sekolah Menengah Atas.

Baca Juga: Fikom Unisba Gelar Rangkaian Milad ke-40, Siap Hadapi Tantangan Entrepreneurial University

Kondisi ini juga menyebabkan angka pernikahan dini menjadi tinggi. Menikah di usia belia dengan psikologis yang belum stabil dan minimnya pengetahuan akan pembinaan rumah tangga menjadi salah satu faktor rendahnya angka kesejahteraan keluarga di Desa Pakuhaji, Kecamatan Ngamprah.

Menjawab fenomena tersebut sebanyak 12 orang mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Bandung (Unisba), menangkap peluang untuk membangun kesadaran dan meningkatkan kapasitas serta potensi sumber daya manusia khususnya perempuan di Desa Pakuhaji.

Upaya yang dilakukan adalah dengan membuat program edukasi kepada perempuan melalui kegiatan sekolah informal yang bertajuk “KOPER ATHENA”, yang merupakan singkatan dari Sekolah Perempuan Athena. Program ini merupakan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Lina Lutan

Sumber: Fikom Unisba


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x