Kemeriahan Budaya : Pakaian Adat Memikat Perhatian di Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Beijing

- 17 Agustus 2023, 13:16 WIB
Pakaian Adat Memikat Perhatian di Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Beijing.
Pakaian Adat Memikat Perhatian di Perayaan HUT Kemerdekaan RI di Beijing. /ANTARA/Desca Lidya Natalia/

GALAMEDIANEWS - Dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di KBRI Beijing pada Kamis, perhatian tertuju pada pakaian adat yang dipakai oleh Duta Besar RI untuk China dan Mongolia, Djauhari Oratmangun.

Ia mengenakan baju adat Kepulauan Tanimbar di Maluku, dengan jas tenun berwarna merah terang yang dihiasi dengan corak putih dan hitam. Tak ketinggalan, ikat kepala dan hiasan burung cendrawasih besar serta kalung menjadi bagian penting dari penampilannya.

Pakaian dengan corak serupa juga dikenakan oleh Presiden Jokowi Widodo saat menyampaikan pidato kenegaraan pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Baca Juga: Unik dan Menarik, Ini 5 Rekomendasi Wisata Bersejarah di Kota Bandung

Dalam upacara yang digelar di halaman KBRI Beijing, Djauhari bertindak sebagai pembina upacara. Mahasiswa dan para pelajar Indonesia di Beijing menjadi pasukan pengibar bendera Merah Putih.

"Saya ini berasal dari Kabupaten Kepulauan Tanimbar. Inilah yang sebenarnya setiap hari kita pakai di sana. Terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo yang kemarin menggunakan pakaian adat Tanimbar yang saya kira sangat diapresiasi masyarakat Tanimbar, termasuk saya putra Tanimbar," ujar Djauhari setelah upacara di KBRI Beijing.

Menurut Djauhari, kain tenun Tanimbar juga telah beberapa kali dipromosikan di China bersama dengan kain tradisional Nusantara lainnya.

Baca Juga: Cakra Khan Umumkan Langkahnya Terhenti di America's Got Talent, Gagal Lolos Masuk ke Babak Live

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x