Ridwan Kamil Usulkan Mesin Pengelolaan Sampah RDF di Setiap Desa ke Luhut Panjaitan, Jadi Solusi Polusi Udara

- 30 Agustus 2023, 14:43 WIB
Ridwan Kamil Usulkan Mesin Pengelolaan Sampah RDF di Setiap Desa ke Luhut Panjaitan./Instagram @westjavagov_
Ridwan Kamil Usulkan Mesin Pengelolaan Sampah RDF di Setiap Desa ke Luhut Panjaitan./Instagram @westjavagov_ /

GALAMEDIANEWS - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usulkan ke Luhut Binsar Panjaitan untuk menghadirkan mesin teknologi pengelolaan sampah Refuse Derived Fuel (RDF) di setiap desa dan kelurahan, hal ini bisa jadi solusi penurunan polusi udara.

Usulan penggunaan mesin pengolahan sampah RDF disampaikan Ridwan Kamil ke Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Panjaitan saat meninjau Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Oxbow Mekar Rahayu di Kabupaten Bandung, pada 29 Agustus 2023.

"Mesin (RDF) tadi (yang diusulkan) oleh Pak Gubernur Ridwan Kamil kita mau coba per desa dan kelurahan satu, dan seterusnya," kata Luhut.

Baca Juga: Tiga Aspek Transformasi Pendidikan Tinggi dari Nadiem Makarim Dapat Dukungan dari Akademisi

Dalam kunjungan tersebut, Luhut Panjaitan tertarik dengan pengelolaan sampah di TPST Oxbow, hal ini dikarenakan hasil pengolahannya ramah lingkungan dan mampu mengolah sampah hingga 1 juta ton.

Ia juga mengatakan bahwa pengelolaan sampah ini menjadi tanggung jawab bersama-sama. Terlebih lagi saat ini sampah yang harus ditangani di Indonesia bisa mencapai 50.000 ton per hari.

"Jadi, sampah ini salah satu dari sekian banyak masalah, penanganan sampah di Indonesia mungkin bisa 50.000 ton per hari atau lebih," ujar Luhut.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: Instagram @westjavagov_


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x