CEO SoftBank Masayoshi Son Memprediksi Kecerdasan Buatan Umum (AGI) Akan Terwujud dalam 10 Tahun Kedepan

- 5 Oktober 2023, 10:21 WIB
Wawancara dengan Masayoshi Son
Wawancara dengan Masayoshi Son /Tangkap Layar/SoftBank Group/Youtube/

GALAMEDIANEWS - Pada Konferensi Korporat SoftBank World 2023 yang diadakan di Tokyo, CEO SoftBank, Masayoshi Son, memberikan pandangannya bahwa Artificial General Intelligence (AGI) yang melampaui kecerdasan manusia akan menjadi kenyataan dalam waktu 10 tahun.

Son yakin bahwa AGI akan memiliki kecerdasan sepuluh kali lebih tinggi daripada total kecerdasan manusia saat ini. Dia juga menyoroti kemajuan pesat dalam AI generatif yang telah melebihi kecerdasan manusia dalam beberapa bidang tertentu.

Mengutip dari Reuters, Son menegaskan bahwa AI saat ini telah memasuki fase pembelajaran, pelatihan, dan inferensi sendiri, serupa dengan manusia. Dia menambahkan, "Salah besar jika mengatakan bahwa AI tidak bisa lebih cerdas daripada manusia karena diciptakan oleh manusia."

Baca Juga: Google Luncurkan Smartphone Pixel 8 dan Smartwatch Terbaru dengan Integrasi Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)

Pernyataan ini menandai kali pertama Son memberikan jangka waktu konkret untuk pengembangan AGI, yang diyakininya akan mengubah paradigma bisnis dan masyarakat.

Selain itu, Son juga memperkenalkan konsep "Kecerdasan Buatan Super" ( Artificial Super Intelligence/ASI) yang diprediksinya akan hadir dalam 20 tahun dan akan melampaui kecerdasan manusia hingga 10.000 kali lipat.

Walaupun Son dikenal atas prediksinya yang tepat terkait teknologi, dia juga menghadapi beberapa kegagalan dalam investasinya. Prediksinya mengenai internet mobile terbukti benar, tetapi prediksi tentang Internet of Things (IoT) belum terealisasi sepenuhnya.

Son juga mendorong perusahaan-perusahaan Jepang untuk lebih memahami potensi AI dan tidak tertinggal dalam era internet. Dia terus memperkuat pandangan bahwa desainer chip Arm adalah inti dari "revolusi AI."

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Anak di Kediri yang Memiliki Lokasi Luas dengan View Bagus dan Banyak Spot Instagramable

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah