Pengaruh Monopoli Google di Pasar Search Engine Terhadap Kompetitor dan Industri Smartphone

- 6 Oktober 2023, 10:15 WIB
Membuka Browser Google di Smartphone
Membuka Browser Google di Smartphone /Solen Feyissa/unsplash/

GALAMEDIANEWS - Google, raksasa teknologi dunia, tengah menghadapi sorotan tajam dalam sebuah sidang antitrust yang penting. Sidang ini telah membuka tabir mengenai praktik antikompetitif yang diduga dilakukan oleh Google serta dominasinya di dunia teknologi. 

Dalam artikel ini, kami telah mengutip dari Reuters dan akan menyoroti pengaruh Google terhadap pesaing dan perusahaan ponsel pintar terkemuka, seperti Apple dan Samsung.

Dominasi Google dan Perjuangan DuckDuckGo

CEO mesin pencari yang berfokus pada privasi, DuckDuckGo, Gabriel Weinberg, bersaksi tentang kegagalan negosiasi antara perusahaannya dan Apple. 

DuckDuckGo telah mencapai kesepakatan dengan Apple pada tahun 2014 untuk menjadi salah satu opsi pencarian pada perangkat Apple. 

Baca Juga: Smartwatch Terbaru Dari Google : Pixel Watch 2 Berikut Spesifikasinya

Namun, mesin pencari ini kemudian mendorong Apple untuk menjadikannya pilihan default bagi pengguna yang menginginkan mode privasi.

Weinberg mengungkapkan bahwa Apple awalnya tertarik pada ide ini pada tahun 2016, dan pertemuan antara kedua perusahaan terus berlanjut dalam beberapa tahun berikutnya. 

Namun, pembicaraan terhenti ketika para eksekutif Apple menyuarakan keprihatinan bahwa perjanjian distribusi mereka dengan Google mungkin menghambat peralihan ke DuckDuckGo sebagai mesin pencari default.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x