Liverpool Tundukkan Leeds United 4-3, Mohamed Salah Akui Kewalahan

- 13 September 2020, 06:09 WIB
Liverpool atasi Leeds United 4-3, Moh. Salah cetak hattrick
Liverpool atasi Leeds United 4-3, Moh. Salah cetak hattrick /Twitter@Liverpool FC/


GALAMEDIA - Liverpool berhasil mengalahkan Leeds United dengan skor 4-3 dalam laga Liga Inggris di Anfield, Ahad 13 September 2020 dini hari WIB.

Mohamed Salah memberikan pujian pada Leeds United yang sukses menyulitkan Liverpool dalam laga Liga Inggris di Anfield.

Salah mengakui bahwa Liverpool mendapatkan perlawanan sengit dari Leeds dari awal hingga akhir pertandingan.

"Tanpa penonton, sungguh sulit terutama di Anfield karena semuanya tahu hal itu. Namun setidaknya kami bisa mencatat awal yang bagus."

"Mereka tim yang tangguh, mereka bisa melakukan pressing dengan garis yang sangat tinggi, jadi intensitas pertandingan juga sangat tinggi. Kami benar-benar menjalani laga yang bagus," tutur Salah dikutip dari situs resmi klub.

Baca Juga: Conor McGregor Ditahan Gara-gara Pelecehan Seksual

Salah menganggap Leeds bisa memberikan pukulan telak bagi Liverpool. Namun Liverpool sukses bereaksi dengan bagus di laga tersebut sehingga mereka masih mampu mengakhiri pertandingan dengan kemenangan.

"Sejujurnya kami menjalani laga yang sulit. Mereka tampil hebat. Meski tanpa penonton, mereka bisa bereaksi dengan bagus dan mencetak tiga gol melawan kami, hal itu merupakan catatan hebat."

"Kami tidak semestinya kebobolan tiga gol di laga ini, namun kami bisa bereaksi dan melakukan tugas dengan baik," kata Salah.

Salah berharap kemenangan atas Leeds bisa jadi motivasi bagi Liverpool untuk melanjutkan performa bagus di laga selanjutnya. Pada pekan kedua, Liverpool bakal bertemu Chelsea yang saat ini jadi tim paling jor-joran dalam belanja bintang.

"Saya senang dengan hasil yang kami raih namun kami harus terus meningkatkan kualitas dan berusaha untuk tidak kebobolan banyak gol," tutur pemain asal Mesir tersebut.

Baca Juga: Kebijakan Anies Baswedan Berpotensi Dijegal Pusat, Kelanjutan PSBB Total DKI Jakarta Diumumkan Besok

Pertandingan

Liverpool berhasil unggul cepat ketika pertandingan baru berjalan empat menit. Hal itu terjadi setelah Liverpool mendapat penalti usai Robin Koch melakukan handball di kotak terlarang.

Mohamed Salah yang bertindak sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya dengan baik untuk membawa Liverpool memimpin 1-0 di awal laga.

Namun keunggulan Liverpool ternyata tidak bertahan lama. Leeds mampu menyamakan kedudukan di menit ke-12 lewat Jack Harrison.

Gol ini bermula dari umpan jauh Kalvin Phillips ke arah Jack Harrison yang bergerak di sisi kanan pertahanan Liverpool.

Harrison sukses melewati Trent Alexander Arnold dan menghindar dari adangan Joe Gomez. Aksi Harrison diakhiri tendangan keras mendatar yang tidak bisa dibendung oleh Alisson Becker.

Liverpool kemudian merespons dengan performa apik Leeds di awal laga. Liverpool kembali unggul 2-1 lewat gol Virgil van Dijk di menit ke-20.

Baca Juga: Kirim Surat ke Presiden Jokowi, Orang Terkaya di Indonesia Tolak PSBB Total DKI Jakarta

Berawal dari sepak pojok Andy Robertson, Van Dijk sukses lepas dari pengamatan lini belakang Leeds dan akhirnya mampu menanduk bola masuk ke dalam gawang.

Leeds kembali menunjukkan kehebatannya saat sukses menyamakan skor menjadi 2-2 di menit ke-30. Gol ini tak lepas dari kesalahan Van Dijk dalam membuang bola.

Bola buangan Van Dijk untuk mengantisipasi serangan Led=eds berhasil dipotong oleh Patrick Bamford. Striker Leeds itu langsung melepaskan tendangan yang tak bisa dihentikan oleh Alisson.

Pertandingan makin sengit lantaran Liverpool kembali mencetak gol balasan di menit ke-33. Salah mencetak gol keduanya di laga ini.

Gol ini berawal dari tendangan bebas Robertson ke kotak penalti. Pemain Leeds mewaspadai pergerakan Van Dijk dan bola buangan bek Leeds justru jatuh di kaki Salah yang berdiri bebas. Tendangan kaki kiri Salah lalu merobek gawang Illan Meslier.

Setelah menjalani laga babak pertama yang sengit, Leeds terus memberikan pressing ketat pada pemain-pemain Liverpool sehingga The Reds tak leluasa menguasai permainan.

Meski punya pressing yang ketat, lini belakang Leeds masih sering menunjukkan kelengahan sehingga hal ini bisa dimanfaatkan Liverpool untuk memberikan ancaman.

Namun di 20 menit awal babak kedua, serangan kedua tim belum berujung gol tambahan.

Baca Juga: Serangan Para Menteri dan Buzzer ke Anies Baswedan Hanya Tutupi Kegagalan Jokowi Atasi Covid-19

Tekanan Leeds pada Liverpool akhirnya membuahkan hasil di menit ke-66. Setelah berhasil merebut bola di daerah pertahanan Liverpool, bola sukses dikuasai oleh Mateusz Klich.

Klich mengirim bola pada Helder Costa yang berdiri di sisi kiri pertahanan Liverpoool. Costa lalu melepaskan umpan ke kotak penalti.

Klich yang datang dari lini kedua ikut menyeruak ke kotak penalti, mengontrol bola dengan baik dan melepaskan tembakan keras yang tak bisa dihentikan oleh Alisson.

Van Dijk sukses merobek gawang Leeds di menit ke-79 saat ia berdiri bebas menyambut sepak pojok Robertson. Namun wasit Michael Oliver menganggap pelanggaran lebih dulu terjadi sebelum Van Dijk menerima bola.

Gol yang ditunggu Liverpool tercipta di menit ke-88 yaitu lewat catatan hattrick Salah. Salah mencetak gol lewat titik putih setelah Rodrigo melanggar Fabinho di kotak terlarang.

Skor 4-3 bertahan hingga akhir pertandingan.

Baca Juga: Atlet Sedunia Murka, Juara Gulat Iran Disiksa hingga Dieksekusi Mati

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3)

Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold (Joel Matip 89), Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Naby Keita (Fabinho 56), Jordan Henderson (Curtis Jones 66), Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane

Leeds United (4-1-4-1)

Illan Meslier; Luke Ayling, Robin Koch, Pascal Struijk, Stuart Dallas; Kalvin Phillips; Helder Costa, Pablo Hernandez (Tyler Hernandez, Mateusz Klich (Jamie Shackleton 81), Jack Harrison; Patrick Bamford (Rodrigo 62)

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x