Pesawat Super Tucano TNI AU yang Jatuh di Taman Nasional Bromo Memiliki Kemampuan Membawa Bom

- 23 November 2023, 15:01 WIB
Pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano.
Pesawat tempur taktis EMB-314 Super Tucano. /ANTARA/HO-Dispenau/

GALAMEDIANEWS - Pesawat Super Tucano milik TNI AU jatuh di kawasan Taman Nasional Bromo, pekan lalu, Kamis, 16 November 2023.

Pesawat ini merupakan pesawat latih yang memiliki kemampyan Counter Insurgency (COIN) atau pesawat anti-perang gerilya.

Pesawat Super Tucano adalah pesawat tempur ringan turboprop yang dikembangkan oleh perusahaan pembuatan pesawat asal Brasil, Embraer.

Dengan begitu nama resmi pesawat ini adalah Embraer EMB 314 Super Tucano. Pesawat ini sering digunakan untuk misi serangan darat, pelatihan tempur, dan pemantauan.

Pesawat Super Tucano dirancang untuk menjadi pesawat yang tangguh dan dapat beroperasi dari landasan pacu yang pendek. Desainnya mencakup sayap tinggi dan kokpit ganda untuk pelatihan pilot.

Super Tucano ditenagai oleh mesin turboprop Pratt & Whitney Canada PT6A-68C, memberikan kecepatan dan ketahanan yang baik. Hal inilah yang membuat pesawat ini beroperasi dari daerah-daerah yang sulit diakses.

Baca Juga: Daftar Harga Pesawat Komersial hingga Jet Pribadi, Tertarik untuk Membeli?

Pesawat ini dilengkapi dengan berbagai senjata, termasuk meriam 20mm di sayap dan kemampuan membawa bom, roket, dan rudal udara ke darat.

Super Tucano dilengkapi dengan sistem avionik modern, termasuk radar pencarian dan pelacakan, sistem navigasi, dan perangkat komunikasi terkini. Ini memberikan pilot akses ke informasi yang diperlukan untuk berbagai misi.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: tni-au.mil.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x