Amalan Seorang hamba Pertama di Hisab di Hari Kiamat Adalah Sholat

- 7 Februari 2024, 05:25 WIB
Sholat merupakan amalan pertama yang dihisab disaat hari kiamat tiba.
Sholat merupakan amalan pertama yang dihisab disaat hari kiamat tiba. /GalamediaNews/heriyanto/

GALAMEDIA NEWS-  Sholat adalah salah satu rukun Islam yang terpenting setelah Syahadatain. Sholat juga memiliki kedudukan yang agung dalam Islam. Bahwasannya sholat kita akan menjadi amalan yang pertamakali dihisab saat tiba hari kiamat.

Sebagaimana disebutkan dalam hadist riwayat Tirmidzi, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah sholatnya. Maka, jika sholatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika sholatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari salat wajibnya, maka Allah Taala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki shalat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari shalat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya". 

Dalam surah Ar Rum ayat 31 Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman yang artinya berbunyi, “Dirikanlah sholat dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah.”

“Dalam firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala tersebut sangat jelas dan tegas bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyamakan antara orang yang meninggalkan shalat dengan pelaku kesyirikan. Mereka mendengar adzan, hayya ‘alash-shalah, hayya ‘alal falah, tapi mereka tidak bergeming, tetap meneruskan pekerjaan tidak beranjak meninggalkan pembaringan. Seolah-olah semua itu lebih besar, lebih agung, dan lebih pantas untuk didahulukan daripada Allah Subhanahu Wata’ala,”terang Ustad Didi Saefulloh seorang ulama dari Palasari Kecamatan Cibiru Kota Bandung.

Firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala lainnya terdapat dalam surah Al Maidah ayat 72,  yang memperingatkan terhadap mereka yang meninggalkan kewajiban sholat.  “Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolong pun.”

“Karenanya, mereka yang mengaku dirinya sebagai Muslim hendaknya senantiasa menjaga sholat dengan baik dan takut akan ancaman Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Jangan sampai pengakuan kita sebagai Muslim hanyalah dilidah atau di KTP,” ucap Ustad Didi Saefulloh.

Selain firman Allah Subhaanahu Wa Ta’ala tersebut di atas yang mengingatkan tentang ancaman bagi orang-orang yang meninggalkan sholat, ada banyak juga hadist sabda Rasulullah Shallallahu Allaihi Wasallam telah memberikan peringatan keras terhadap umatnya yang tidak melaksanakan sholat.

Bahkan dalam hadist riwayat Abu Dawud dan Ibnu Majah, salah satu wasiat terakhir Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam kepada umatnya adalah mengingatkan untuk senantiasa mendirikan sholat.  "Kata-kata terakhir Rasulullah SAW, "Sholatlah, sholatlah. Dan takutlah kalian kepada Allah atas hak-hak hamba sahaya kalian".

“Hal ini menunjukkan betapa pentingnya ketaatan dengan menunaikan sholat. Sampai-sampai menjelang wafat, Rasul Allah tetap memerintahkan umatnya untuk menunaikan sholat,” ujar Ustad Didi Saefulloh.

Berikut jadwal sholat dan imsyakiyah untuk wilayah Kota Bandung dan sekitarnya, 26 Rajab 1445 Hijriah / Rabu 7 Februari 2024;

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x