Vanuatu Hasut Negara Lain Soal Papua, DPR RI: Harusnya Diberi Sanksi Tegas oleh PBB

- 29 September 2020, 16:20 WIB
Vanuatu (lingkaran merah)
Vanuatu (lingkaran merah) /google maps



GALAMEDIA - Karena dianggap menghasut negara-negara anggota PBB terkait Papua, Vanuatu harus disanksi tegas. Hal ini diungkapkan Anggota Komisi I DPR Muhammad Iqbal.
 
"Sanksinya, bisa tidak memberikan panggung internasional pada Negara Vanuatu, atau sanksi tegas yang lain. Setiap tahun negara ini menghasut negara-negara anggota PBB terkait Papua," kata Muhammad Iqbal dalam rilisnya di Jakarta, Selasa, 28 September 2020.
 
Menurut Iqbal, sanksi tersebut mesti diberikan PBB, oleh karena itu Kementerian Luar Negeri didorong untuk meminta PBB menegur dan memberikan sanksi tegas pada Vanuatu.

Baca Juga: Kompetisi Kembali Ditunda, PT LIB Akan Komunikasikan Soal Subsidi Klub
 
Dia mengapresiasi perwakilan Indonesia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Silvany Austin Pasaribu yang telah melawan dan mengkritik pernyataan PM Republik Vanuatu Bob Loughman tentang Papua di forum PBB.
 
"Pernyataan Diplomat Silvany Austin ini mewakili perasaan dan sikap masyarakat Indonesia," katanya seperti dilansirkan Antara.
 
Iqbal melayangkan kritik terhadap pernyataan PM Republik Vanuatu Bob Loughman mengenai Papua dalam sidang umum PBB itu. Pernyataan Bob Loughman itu sebuah fitnah terhadap Indonesia.

Baca Juga: Terharu, Anggota TNI Ini Bertemu Ayah Kandungnya di Darat Usai Loncat dari Pesawat
 
"Jangan menghasut, apalagi di tengah banyaknya kematian korban COVID-19. Jumlah kematian global akibat COVID-19 melampaui 1 juta pada hari Minggu, 27 September," ucapnya.
 
Majelis Umum PBB melalui resolusi XXIV telah mengukuhkan Papua sebagai bagian penting dari NKRI. Karena itu, negara-negara lain harus menghormati keputusan itu, termasuk negara Vanuatu.
 
"Apalagi telah ada kesepakatan seluruh anggota PBB agar menjaga stabilitas dan menciptakan perdamaian dunia," ujarnya.***

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x