Dinihari Tadi Warga Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan Sekitarnya Dikejutkan Lini

- 26 Mei 2024, 06:31 WIB
Peta pusat gempa bumi tektonik yang melanda wilayah Kabupaten Cianjur Minggu 26 Mei 2024.
Peta pusat gempa bumi tektonik yang melanda wilayah Kabupaten Cianjur Minggu 26 Mei 2024. /Tangkapanlayar Instagram @bmkgwilayah2/

GALAMEDIANEWS – Masyarakat Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan sekitarnya dalam sepekan terakhir dikejutkan dengan guncangan gempa bumi tektonik. Gempa bumi terakhir dirasakan masyarakat di Kabupaten Cianjur Jawa Barat pada Minggu 26 Mei 2024.

Usai dikagetkan dengan guncangan gempa bumi tektonik cukup kuat dengan kekuaran 3.0 pada 24 dan 15 Mei 2024, Kabupaten Cianjur Jawa Barat terus di guncang gempa bumi tektonik. Mengutip keterangan dari situs resmi Instagram Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah II Tanggerang @bmkgwilayah2, disampaikan kejadian dan parameter gempa bumi tektonik terjadi pada hari Minggu, 26 Mei 2024 pukul 03:50:44 WIB.

Baca Juga: Gempa M 2,9 Kabupaten Cianjur Jawa Barat Hari Ini 5 Februari 2024 Dipicu Sesar Cugenang

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa, gempa bumi yang melanda wilayah Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan sekitarnya berkekuatan magnitudo 2,3.  Episenter terletak pada koordinat 6.88 derajat  Lintang Selatan dan 107.13 derajat Bujur Timur, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur Jawa Barat dikedalaman 22 kilometer.

Untuk jenis dan mekanisme gempa bumi disebutkan BBMKG Wilayah II Tanggerang, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. “Gempa bumi tektonik yang menggungcang wilayah Kabupaten Cianjur dan sekitarnya  akibat aktivitas Sesar Cugenang,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tanggerang Hartanto.

Sementara untuk dampak gempa bumi disebutkan BBMKG Wilayah II Tanggerang, sebagimana yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau Shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kabupaten Cianjur dengan Skala Intensitas III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Baca Juga: GEMPA TERKINI 2 Menit yang Lalu: Kabupaten Cianjur Diguncang 2,6 Magnitudo

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Hingga pukul 04:28 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” kata Hartato.

Dalam sepekan terakhir wilayah Kabupaten Cianjur Jawa Barat saban hari di guncang gempa bumi. Sebelumnya pada Jumat 24 Mai 2024 diguncang gempa dengan kekuatan magnitudo 3.0 berpusat di kedalaman 7 kilometer.

Pada Kamis 23 Mei 2024 gempa berkekuatan 1,9 berpusat di kedalaman 10 kilometer. Hari Senin 20 Mei 2024 berkekuatan magnitudo 2.2 dikedalaman 6 kilometer dan Minggu 19 Mei 2024 berkekuatan magnitudo 1.9 dikedalaman 20 kilometer.

Baca Juga: INFO GEMPA TERKINI HARI INI: Kabupaten Cianjur Diguncang 2,6 Magnitudo, Berikut Penjelasan BMKG

Halaman:

Editor: Heriyanto Retno

Sumber: Instagram @bmkgwilayah2


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah